Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mentan Cek Stok Pabrik Gula di Cilegon, 250 Ribu Ton Siap Banjiri Pasar

Rabu, 8 April 2020 22:01 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memantau gudang pabrik gula di Cilegon, Banten, Rabu (8/4). (Foto: Dok. Kementan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memantau gudang pabrik gula di Cilegon, Banten, Rabu (8/4). (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau pabrik gula PT Angels Products, di Cilegon, Banten, Rabu (8/4). Pengecekan dilakukan guna memastikan ketersedian stok tetap aman di masa pandemi corona dan menghadapi bulan Ramadhan maupun hari raya Idul Fitri. 

Di lokasi, Mentan mengatakan, beberapa industri memang menerima penugasan untuk menyikapi sesegera mungkin terkait kelangkaan gula. "Kami sudah memastikan ketersedian stok gula khususnya gula yang memang menjadi penugasan pemerintah kepada beberapa industri dalam mengambil sebuah sikap cepat agar kelangkaan gula yang ada dapat diatasi sesegera mungkin sesuai dengan perintah Bapak Presiden," katanya.

Mentan menerangakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, seluruh menteri harus turun ke lapangan dalam melakukan validasi data. Bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pihaknya menyediakan kebutuhan sebanyak 250 ribu ton dan sekarang sudah siap disalurkan ke pasar agar harga gula stabil. 

Baca juga : Kebijakan Menggratiskan Listrik Golongan 450 VA Ringankan Beban Rakyat

"Kendali terhadap bahan baku gula pasir maupun gula putih kami sudah siapkan. Kita tidak bergantung dengan impor dari negara lain," terangnya.

Berdasarkan Permendag Nomor 7/2020 yang berisi harga acuan, harga eceran tertinggi (HET) gula yakni Rp 12.500 per kilogram. Namun, saat ini harga di pasar Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per kilogram. 

Oleh karena itu, Mentan menegaskan, pihaknya bersinergi dengan kementerian terkait dan kepolisian secepatnya menstabilkan harga. Kesiapan dalam negeri terus diupayakan serta impor dari negara lain yang diharapkan dapat segera masuk termasuk upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani isu kelangkaan. 

Baca juga : Menteri Erick: Jangan Panik, Stok Alat Aman, BUMN Farmasi Siap Hadapi Wabah Corona

"Intinya, bulan Puasa maupun Lebaran nanti, Insya Allah tidak ada hal yang perlu menjadi kekhawatiran. Dalam menjaga kestabilan distribusi pangan, Kementan bersama Satgas Pangan dari Polri terus berupaya untuk kelancaran dan kemudahan akses pangan," sambung Syahrul.

Di kesempatan yang sama, Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, mengatakan, pihaknya bersama dengan Kementan, Kemendag, dan Kemenperin setiap hari melakukan evalusi terkait gula. Antara lain gula dari petani dan gula yang masuk ke tanah air baik yang bersumber gula kristal putih maupun penugasan untuk gula rafinasi yang kemudian akan diarahkan ke masyarakat. "Dari evaluasi tersebut kita bisa menghitung berapa ketersedian gula yang ada di masyarakat seperti hari ini kita sudah cek bahwa ketersedian gula di Jabodetabek melebihi kebutuhan gula," kata Sigit .

Sigit menegaskan, pihaknya tidak main-main dalam pengawasan ketersediaan dan distribusi pangan, apalagi di masa wabah corona dan bulan Ramadhan nanti. Terbukti, saat ini sudah ada 15 kasus yang sedang ditangani Bareskrim terkait penimbunan pangan. 

Baca juga : Pertamina Bantu Tabung LPG di Posko Dapur Banjir Jakarta

"Satgas pangan juga selalu melakukan pemantauan harga pangan jika harga melebihi harga pasaran maka kita akan telusurin dan kita beri sanksi yang tegas jika ada terjadi penimbunan. Kita tiap hari bergerak untuk melakukan kontrol serta kita langsung evalusi jadi saya harapkan dalam waktu dekat harga dimasyarakat kembali normal karna ketersedian pangan dalam jumlah mencukupi," tegasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.