Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tetap Utamakan Physical Distancing

Bersih-bersih Waduk, Jasa Tirta II Gelar Program Padat Karya Tunai

Selasa, 14 April 2020 08:43 WIB
Tetap Utamakan Physical Distancing Bersih-bersih Waduk, Jasa Tirta II Gelar Program Padat Karya Tunai

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengantisipasi dan mengurangi pergerakan sampah eceng gondok dan keramba jaring apung (KJA), Perum Jasa Tirta II melakukan gotong-royong pembersihan sampah dan eceng gondok di perairan Waduk Jatiluhur pada Sabtu (11/4).

Gotong-royong dilaksanakan melalui padat karya tunai, bersama 70 warga lokal di sekitar wilayah sungai Citarum pada beberapa titik yang berbeda dan menggunakan 8 unit perahu nelayan, 1 unit excavator dan 2 unit dump truck.

Baca juga : Sejahterakan Petani, Kementan Genjot Padat Karya di Sektor Perkebunan

Tak hanya membersihkan, gotong royong juga akan memasang buoy dan sling pembatas, untuk mencegah pergerakan eceng gondok dan sampah KJA agar tidak mendekati Morning Glory, dan untuk pengamanan bendungan.

"Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di tengah wabah Covid-19 ini tetap mengutamakan aspek physical distancing dan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19,"kata Sekretaris Perusahaan Jasa Tirta II, Nandang Munandar.

Baca juga : Soal Physical Distancing, Warga Australia Ngeyel-Ngeyel

Program padat karya tunai gotong-royong bersih-bersih waduk ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Jasa Tirta II kepada warga lokal di tengah pandemi virus Corona.

Adanya imbauan pemerintah untuk menghentikan aktivitas di luar rumah, membuat sebagian besar pekerja harian juga merasakan dampaknya, karena pekerjaannya terhenti.

Baca juga : Terapkan Physical Distancing, Uang Pensiun Taspen Kini Bisa Diambil di ATM BNI

"Melalui gotong royong dengan program padat karya tunai ini, masyarakat yang turut bergotong-royong memperoleh pengganti transport dan makanan harian. Tentunya, dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19," kata Nandang.

Menurutnya, kondisi waduk yang bersih dari sampah dan eceng gondok akan meminimalisir masuknya sampah ke lubang Morning Glory.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.