Dark/Light Mode

Tetap Utamakan Physical Distancing

Bersih-bersih Waduk, Jasa Tirta II Gelar Program Padat Karya Tunai

Selasa, 14 April 2020 08:43 WIB
Tetap Utamakan Physical Distancing Bersih-bersih Waduk, Jasa Tirta II Gelar Program Padat Karya Tunai

 Sebelumnya 
Terpisah, General Manajer Wilayah IV Jasa Tirta II Anom Soal Herudjito mengatakan, gotong-royong pembersihan sampah dan eceng gondok merupakan salah satu upaya perusahaan, untuk menjaga kebersihan dan pengamanan Waduk dan PLTA Ir. H. Djuanda. Serta membantu pendapatan masyarakat.

"Waduk yang bersih akan memudahkan pemantauan dan pengawasan, dan mendukung olahraga air. Termasuk, yang berada di bawah pembinaan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), serta memaksimalkan dalam pengendalian banjir," papar Anom.

Baca juga : Sejahterakan Petani, Kementan Genjot Padat Karya di Sektor Perkebunan

Daerah Aliran Sungai Citarum dikelola dengan Sistem Waduk Kaskade yang tersusun dari hulu ke hilir yaitu Waduk Saguling, Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur (Ir. H.Djuanda). Sehingga, air keluar (limpasan) dari Waduk Saguling akan ditampung (diredam) oleh Waduk Cirata.

Selanjutnya, air yang keluar dari Waduk Cirata akan ditampung (diredam) oleh Waduk Jatiluhur, sebelum mengalir ke hilir Sungai Citarum meliputi Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga : Soal Physical Distancing, Warga Australia Ngeyel-Ngeyel

Pengelolaannya terkoordinasi di bawah Tim Koordinasi Pengelolaan Bendungan Kaskade Citarum (TKPBKC).

Meski tampungan air di Waduk Saguling hampir mencapai batas elevasi, Jasa Tirta II memastikan kapasitas Waduk Jatiluhur masih aman untuk menampung aliran Sungai Citarum di dua waduk di atasnya. Sehingga, Jasa Tirta II dapat mengurangi potensi banjir di hilir Sungai Citarum.

Baca juga : Terapkan Physical Distancing, Uang Pensiun Taspen Kini Bisa Diambil di ATM BNI

"Walaupun dalam kondisi mendekati limpas, Jasa Tirta II memastikan Waduk Jatiluhur akan tetap aman dengan pola operasi waduk yang dinamis, esuai dengan kondisi di lapangan," pungkas Anom. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.