Dark/Light Mode

Terbang Lagi, Air Asia Garap Pasar Kargo

Kamis, 30 April 2020 13:47 WIB
Terbang Lagi, Air Asia Garap Pasar Kargo

RM.id  Rakyat Merdeka - AirAsia Indonesia terbang lagi. Sebelumnya AirAsia memilih tutup sejak 1 April 2020. Namun, fokusnya kali ini layanan yang dibuka khusus penerbangan carter dan kargo.

Hal itu sejalan dengan larangan pemerintah terhadap penerbangan komersial untuk mudik. Layanan tersebut diprioritaskan untuk melayani pengiriman barang logistik dan bantuan untuk pemulihan Covid-19, serta kebutuhan lainnya yang telah memperoleh izin dari pemerintah setempat dan otoritas terkait. Termasuk juga membantu misi repatriasi.

Baca juga : Menguat Lagi, Semoga Rupiah Makin Perkasa

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga, mengatakan keputusan ini dilakukan untuk mendukung kelancaran logistik yang dibutuhkan masyarakat.

"Kami siap melayani permintaan penerbangan carter dari semua kalangan yang membutuhkan baik dari pemerintah, swasta, organisasi dan komunitas masyarakat. Sebagai salah satu maskapai dengan unit biaya operasi terendah, kami berharap dapat memberikan nilai lebih terhadap komoditas atau bantuan yang dibawa," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/4).

Baca juga : MPR: Penyaluran Bantuan Sosial Harus Tepat Sasaran

Veranita juga menjamin AirAsia akan mengurusi sampai pada izin penerbangan, persyaratan, regulasi, hingga penanganan barang di destinasi yang dikehendaki terutama untuk kebutuhan ekspor dan impor serta repatriasi.

Termasuk menerapkan protokol kesehatan dan memberikan perlindungan terhadap barang-barang untuk mencegah kontaminasi dan kerusakan.

Baca juga : Gandeng Pelaku UMKM, Blibli Donasikan Masker Kain

"Setiap selesai penerbangan, semua armada AirAsia Indonesia akan melalui proses desinfeksi untuk menjaga higienitas pesawat dan keamanan penerbangan berikutnya," ujarnya.

Pesawat AirAsia Indonesia dapat dikondisikan dalam dua konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan penyewa yaitu Sewa Penumpang (Passenger Charter): Kabin atas untuk penumpang, kompartemen bawah untuk bagasi dan barang kargo atau Sewa Kargo (Cargo Charter): Kabin atas untuk komoditas dan logistik penanggulangan Covid-19, kompartemen bawah untuk kargo dan bagasi. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.