Dark/Light Mode

Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Siap Gelontorkan Dana Kemitraan Rp 100 M

Minggu, 10 Mei 2020 11:32 WIB
Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Siap Gelontorkan Dana Kemitraan Rp 100 M

 Sebelumnya 
Pola ini diharapkan mampu mendongkrak gerakan UMKM, untuk naik kelas. Hal ini dapat diukur melalui hasil analisa indeks UMKM naik kelas, yang dapat memberikan arahan pemberdayaan selanjutnya.

UMKM akan dibekali pengetahuan praktis mengenai manajemen usaha, pembukuan, serta strategi pemasaran dengan bisnis online.

Baca juga : Cegah Covid-19, WNI DI Teheran Lakukan Corona Blood Test

Pada tahapan coaching dan mentoring, akan dilakukan bersama dengan praktisi yang handal di bidangnya.

Dalam proses pendampingan ini, Pertamina bersinergi dengan Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI). “Melalui bantuan ini, Pertamina berharap UMKM memiliki kesempatan kembali dalam meningkatkan usahanya, dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdaya di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia,” papar Fajriyah.

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19 di Jawa Timur, Kementerian BUMN Salurkan Puluhan Ribu Obat dan Alkes

Cahyadi Joko Sukmono, Ketua Umum ABDSI, asosiasi yang menaungi lembaga layanan pengembangan usaha dengan sekitar 1.200 tenaga pendamping UMKM tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi di seluruh Indonesia mengatakan, UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi nasional yang sudah terbukti sangat vital keberadaannya sebagai pondasi ekonomi Indonesia.

Volatilitas yang mendera ekonomi global akibat Covid-19 kini berdampak langsung pada keberlangsungan usaha UMKM, yang pada gilirannya akan membawa dampak pada sektor informal.

Baca juga : Jamkrindo Tetap Salurkan Dana Kemitraan Di Tengah Covid-19

"Oleh karena itu, langkah yang dilakukan oleh Pertamina sudah tepat. Ini merupakan kontribusi konkret. Sejalan dengan kebijakan pemerintah, yang memberikan perhatian sangat serius terhadap keberlangsungan hidup UMKM di masa sulit seperti sekarang," tandas Cahyadi. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.