Dark/Light Mode

AP II: Jumlah Penumpang Di Soetta Cuma 2,5 Persen Dari Kondisi Normal

Sabtu, 23 Mei 2020 08:22 WIB
Ilustrasi penumpang di Bandara Soetta. (Foto: ist)
Ilustrasi penumpang di Bandara Soetta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat aktivitas penerbangan penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Jumat (22/5) dalam kategori normal dari rata-rata penerbangan harian pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB).

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan, ada sekitar 120 penerbangan dengan rencana sebanyak 5.000 penumpang. Angka tersebut masuk dalam kategori rata-rata penerbangan harian pada masa pembatasan transportasi.

Baca juga : Pengembangan UMKM Bisa Selamatkan Perekonomian Nasional

“Trafik penerbangan rata-rata saat pembatasan transportasi ini hanya sekitar 8-10 persen dibandingkan dengan trafik normal dan untuk penumpang hanya sekitar 2,5 persen dari trafik normal,” katanya kepada RMCo.id, Sabtu (23/5).

Yado menilai, selama periode PSBB hanya akan melayani sekitar 100-120 penerbangan per harinya dan tidak ada peningkatan penumpang signifkan. Ia membandingkan dengan trafik normal Bandara Soekarno Hatta juga tidak ada kenaikan yang signifikan. Saat normal Bandara Soekarno Hatta melayani hingga 1.200 penerbangan dan sekitar 200.000 penumpang per harinya.

Baca juga : Lion Air: Seluruh Penumpang Dari Bandara Soetta Telah Sesuai SOP Covid-19

Yado menegaskan, Angkasa Pura ll telah membenahi protokol dalam menjaga jarak berkaitan dengan sanksi teguran yang dijatuhkan kepada pihaknya oleh regulator. “Sesuai imbauan Kemenhub, kami menjaga agar physical distancing dapat selalu diterapkan, dan berkomitmen untuk melakukan himbauan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, stakholder juga berkomitmen untuk membatasi penerbangan menjadi 5 penerbangan/jam di Terminal 2 serta penjualan tiket maksimal 50 persen dari kapasitas kursi pesawat, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.