Dark/Light Mode

Akuisisi Rabobank, BCA Siapkan Kocek Rp 500 Miliar

Selasa, 9 Juni 2020 22:54 WIB
Menara BCA. (Foto: net)
Menara BCA. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana akuisisi Rabobank oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ditaksir bakal mencapai Rp 500 miliar. Jumlah itu mengacu pada nilai ekuitas Rabobank yang telah disesuaikan (adjusted equity) lalu ditambah premium yang bersifat tetap sebesar 20,5 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 287 miliar.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn mengatakan, nilai akuisisi final akan berdasarkan laporan keuangan aktual pada saat tanggal penyelesaian transaksi. "Saat ini, estimasi total nilai akuisisi adalah Rp 500 miliar," jelasnya di Jakarta, Selasa (9/6).

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Penjualan UMKM Pertamina Tembus Angka Rp 4 Miliar

Ia menegaskan, BCA sebagai perusahaan terbuka memiliki kewajiban untuk melakukan keterbukaan dan transparansi informasi kepada pihak investor, masyarakat pasar modal, dan pemegang saham.

Dari ringkasan rancangan akuisisi, BCA bakal memiliki 3.719.069 saham yang mewakili 99,99 persen dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor Rabobank. Transaksi pengambilalihan dilakukan dengan cara pembelian saham dari para penjual sebagai pemegang saham Rabobank saat ini.

Baca juga : Antisipasi Skenario The New Normal, KAI Siapkan Protokol

Sebelumnya Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, rencana akuisisi akan dilakukan sesuai dan dengan memperhatikan seluruh ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yaitu antara lain UUPT, Peraturan OJK, Bank Indonesia (BI) dan perundang-undangan lain yang terkait.

Jahja juga menjelaskan, BCA membeli seluruh saham Rabobank Indonesia senilai Rp 397 miliar. Rencana akuisisi Rabobank akan didanai melalui modal sendiri dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan atau retained earnings. 

Baca juga : Thomas-Uber Batal Digelar, BWF Bakal Tekor Rp 148,76 Miliar

BCA menjamin bahwa pendanaan tersebut tidak berasal dari pinjaman atau fasilitas pembiayaan dalam bentuk apapun. Setelah proses akuisisi rampung, Rabobank akan memberi nilai tambah kepada entitas BCA secara grup. 

"Nantinya akuisisi Rabobank akan difokus pada layanan digital dan digabung dengan Bank Digital BCA (Bank Royal) yang sudah diakuisisi sebelumnya," tandasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.