Dark/Light Mode

Gandeng Hipmi, Pelindo III Garap Proyek Pariwisata di Bali

Rabu, 10 Juni 2020 22:15 WIB
Penandatanganan MoU Pelindo III dan Hipmi. (Foto: ist)
Penandatanganan MoU Pelindo III dan Hipmi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk berinvestasi di Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Benoa Bali dan marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (10/6).

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengakui, dibutuhkan campur tangan dari semua pihak untuk mewujudkan pembangunan BMTH dan Marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi dalam mewujudkan pariwisata maritim pertama di Indonesia. Apalagi menjelang new normal diharapkan industri pariwisata bisa dibangun dan hidup kembali.

Baca juga : Langitnya Biru, Jakarta Serasa di Pantai

“Menjelang tatanan normal baru diharapkan industri pariwisata harus bisa dibangun dan hidup kembali,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (10/6).

Melalui MoU dan kerja sama antara BUMN dan swasta, Doso berharap, akan terjalin sinergi antara BUMN dan swasta dalam setiap perencanaan pembangunan infrastruktur publik. Sinergi antara BUMN dan swasta akan membawa manfaat positif.

Baca juga : Rupiah Terbang Tinggi, Pagi Ini Terkuat di Asia

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengatakan, peran pengusaha khususnya Hipmi di era new normal sangat diharapkan mampu membangun ekosistem sistem usaha yang sehat serta berperan aktif dalam membangun ekonomi bangsa pasca pandemi seperti saat ini.

“Di era normal baru ini, pengusaha harus bisa bersama membangun ekosistem usaha yang sehat dan anggota Hipmi harus jadi garda terdepan untuk membangun ekonomi bangsa," tegasnya.

Baca juga : Daftar Pelanggaran Protokol di Masjid

Ketua Hipmi, Mardani H Maming mengharapkan, para pengusaha bisa berperan aktif menggerakkan perekonomian bangsa. Harapannya UMKM khususnya yang di bawah Hipmi juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa dan negara.

BMTH sendiri merupakan salah satu proyek strategis yang sedang dikerjakan oleh Pelindo III guna meningkatkan perekonomian bali melalui wisata maritim dan kunjungan wisatawan dari jalur laut. Saat ini, Pelabuhan Benoa Bali lagi di tata ulang untuk dijadikan wisata maritim dan terminal cruise atau kapal pesiar terbesar di Indonesia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.