Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Pastikan Rasa Aman 

Jika Tren Corona Turun, Akhir November Turis Asing Bakal Ramai Lagi

Jumat, 12 Juni 2020 22:20 WIB
Turis asing berjemur di pantai di Bali. (Foto: Istimewa)
Turis asing berjemur di pantai di Bali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan memastikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan wisatawan sebelum membuka destinasi wisata dalam kondisi transisi menuju normal baru. Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi Odo RM Manuhutu mengatakan, pemerintah akan melihat kesiapannya sesuai arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kita lihat kesiapannya. Makanya kita duduk dengan teman-teman Gugus Tugas melihat trennya seperti apa. Saya kira kita lihat tren bukan hanya satu dua hari, tapi selama satu bulan terakhir, sebulan ke depan, apakah rate of transmission terus turun. Jadi pendekatannya bukan hanya aspek ekonomi tapi juga kita harus beri rasa aman nyaman bagi masyarakat," kata Odo, Jumat (12/6) seperti dikutip Antara.

Baca juga : Tok, Pemerintah Batalkan Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun Ini

Odo menjelaskan, terkait pembukaan kembali Bali, pemerintah masih terus melakukan komunikasi dengan pihak terkait, termasuk Pemda setempat. Di sisi lain, pemerintah juga tengah menyiapkan protokol kesehatan di sektor pariwisata yang segera dirilis Kementerian Kesehatan. Demikian pula proyek percontohan dalam penerapan protokol tersebut.

Odo mengatakan, dalam implementasinya nanti, pemerintah akan terlebih dahulu membuka destinasi wisata khusus bagi wisatawan domestik. "Mungkin kalau trennya turun terus maka pada kuartal ketiga atau keempat akan mulai turis domestik melakukan kunjungan. Turis mancanegara mungkin akhir November atau awal Desember. Tapi tetap kita harus lihat trennya seperti apa," katanya.

Baca juga : Pastikan Bansos Tepat Sasaran, Mensos Turun Ke Kampung-kampung

Ia menambahkan, selain dari tren penurunan kasus, pemerintah juga bekerja sama dengan pelaku industri pariwisata untuk memantau permintaan yang ada. Kendati demikian, Odo menegaskan poin utama yang ingin diangkat pemerintah adalah tentang membangun rasa percaya bagi siapapun yang melakukan kunjungan yakin tempat yang dikunjunginya memperhatikan semua aspek protokol, dari kebersihan, higienitas, dan keselamatan.

Ia juga menekankan dibukanya destinasi wisata tertentu juga dilakukan bukan dengan pertimbangan asal tetapi juga dengan dasar ilmiah. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.