Dark/Light Mode

Layanan Klaim JHT Tanpa Tatap Muka BPJamsostek Dipuji DPR

Sabtu, 13 Juni 2020 17:50 WIB
Dirut BPJamsostek Agus Susanto saat berkunjung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cikokol, Tangerang, Jumat (12/6). (Foto: BPJAMSOSTEK)
Dirut BPJamsostek Agus Susanto saat berkunjung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cikokol, Tangerang, Jumat (12/6). (Foto: BPJAMSOSTEK)

 Sebelumnya 
Dengan adanya klaim kolektif, perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK dengan menunjuk satu orang perwakilan.

Tak hanya mempersiapkan berbagai protokol layanan menyambut era new normal, BPJamsostek juga telah mempersiapkan beragam protokol kesehatan yang mengatur interaksi dan aktivitas antar karyawan BPJamsostek.

Agus meminta agar seluruh peserta BPJamsostek untuk sebisa mungkin berada di rumah dan menggunakan kanal online yang telah disediakan jika ingin klaim.

Baca juga : Lebaran Tanpa Suami, Aura Kasih Kesal Disebut Cerai

Karena, selain prosesnya lebih mudah dan mengurangi potensi terpapar virus Covid-19, peserta juga dapat memanfaatkan fasilitas tracking klaim untuk mengetahui perkembangan proses klaim yang sedang diajukan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena mengapresiasi inovasi layanan BPJamsostek Menurutnya, tiga kanal pengambilan JHT, termasuk metode 'One to Many' bukan hanya memberikan keamanan bagi staf BPJamsostek dan peserta, tapi juga membuat proses pencairan dana lebih transparan karena proses verifikasi dapat dipantau dari kantor pusat.

"Kualitas dan komitmen layanan ini patut menjadi contoh bagi institusi lain yang melakukan pelayanan publik kepada masyarakat. Saya berharap kualitas pelayanan ini dapat terus dipertahankan, sehingga peserta tetap bisa mendapatkan haknya," katanya.

Baca juga : BP Jamsostek Bisa Tiru Malaysia Dan Vietnam

Anggota DJSN, Agung Pambudhi menambahkan, BPJamsostek kudu lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait transformasi pelayanan ini, sehingga para peserta akan semakin memahami tata cara baru pelayanan BPJamsostek di era new normal.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Jakarta Cilandak Puspitaningsih mengatakan, layanan `One to Many` menyediakan kemudahan, kecepatan, dan keamanan. Karena, tetap melayani seluruh peserta dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Dengan layanan One to Many,  peserta dapat dilayani 4-6 sekaligus dengan 1 orang customer service sehingga dengan hal ini kami dapat melayani sekaligus peserta yang hadir," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.