Dark/Light Mode

Pasar Tanah Abang Dibuka, Rupiah Bergairah

Rabu, 17 Juni 2020 10:07 WIB
Pasar Tanah Abang Dibuka, Rupiah Bergairah

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,21 persen berada di level Rp 14.060 per dolar AS, dibanding perdagangan sebelumnya di level Rp 14.090 per dolar AS.

Penguatan juga dialami sejumlah mata uang Asia lainnya. Dolar Taiwan menguat 0,13 persen, yen Jepang 0,08 persen, dan baht Thailand 0,05 persen. Sedangkan pelemahan dialami won Korea 0,55 persen, rupee India 0,24 persen, dan peso Filipina 0,19 persen.

Baca juga : Pakai Masker Gampang, Cuci Tangan Mudah, Yang Susah Jaga Jarak

Pada sesi perdagangan kemarin, mata uang Garuda ditutup menguat 0,18 persen ke level Rp 14.090 per dolar AS. Sementara dalam kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah menguat 0,51 persen atau 73 poin menjadi Rp 14.155 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah antara lain dipicu oleh pembukaan kembali pasar (terutama Pasar Tanah Abang, Red), mall, dan perkantoran di Jakarta - yang merupakan barometer kegiatan perekonomian di Indonesia -.

Baca juga : 782.600 Triliun Rupiah Lho...

Ekonomi akan kembali berjalan, dan penjualan ritel akan kembali ramai.

"Berputarnya kembali roda perekonomian, turut menimbulkan sentimen positif penguatan rupiah. Ini akan menambah kepercayaan pasar di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar, Red) transisi,” kata jelas Ibrahim Assuaibi dalam risetnya, Rabu (17/6).

Baca juga : Hanura: Suara Rakyat Jangan Hangus, Harus Terwakili

Dalam hal ini, penguatan rupiah tidak membutuhkan banyak intervensi karena terbantu oleh pernyataan positif Bank Sentral AS (The Fed), soal peluncuran program pembelian obligasi perusahaan AS di pasar sekunder senilai 750 miliar dolar AS. Program tersebut telah dimulai kemarin, Selasa (16/6).

"Ini membawa angin segar bagi aliran modal asing, yang masuk ke pasar dalam negeri. Terutama, pasar obligasi dan surat utang negara (SUN),” pungkas Bai, sapaan akrab Ibrahim. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.