Dark/Light Mode

Sepekan Masa PSBB Transisi, Volume Lalu Lintas Harian Menuju Jakarta Turun

Rabu, 17 Juni 2020 11:59 WIB
Sepekan Masa PSBB Transisi, Volume Lalu Lintas Harian Menuju Jakarta Turun

RM.id  Rakyat Merdeka - Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) menuju Jakarta dalam sepekan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dilaporkan mengalami penurunan. Jumlahnya hanya 100.400 kendaraan.

Hal ini disampaikan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/6).

Dwimawan mengungkap, LHR menuju Jakarta pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini turun 19 persen, dibanding periode Februari 2020. Distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari arah timur mencapai 43 persen, dari arah barat 33 persen, dan dari arah selatan 24 persen.

Baca juga : Penasaran, The Diamond Tantang McGregor Tarung Ulang

"Dalam sepekan periode new normal dan masa PSBB transisi, secara rata-rata harian, Jasa Marga mencatat 100 ribu kendaraan masuk Jakarta,” kata Dwimawan.

Dijelaskan, lalu lintas menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama. Yakni, GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa, serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Total kendaraan yang masuk melalui GT Cikampek Utama tercatat berjumlah 23.258, atau turun sebesar 14 persen dari LHR Februari 2020. Sedangkan arus lalu lintas dari GT Kalihurip Utama 2, jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 20.232 (turun 30 persen) dari LHR Februari 2020. Dengan demikian, total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 23 persen.

Baca juga : PSBB Transisi Penumpang KRL Membludak Hingga 14%

“Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa, mencapai 33.149 kendaraan. Angka ini turun 20 persen dibanding LHR Februari 2020,” imbuh Dwimawan.

Dari GT Ciawi 2 dilaporkan, total 23.761 kendaraan melintas gerbang tol tersebut. Turun 9 persen dari LHR Februari 2020.

"Sebelumnya, pada periode PSBB tanggal 13-19 April 2020, Jasa Marga mencatat sebanyak 70.570 kendaraan menuju Jakarta melalui arah timur, barat, dan selatan. Jumlah ini turun 43 persen, dibanding LHR Februari 2020," pungkas Dwimawan.  [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.