Dark/Light Mode

Keluhkan Disparitas Harga

Asosiasi Logistik Dorong Pemerintah Benahi Tol Laut

Senin, 22 Juni 2020 07:20 WIB
Ilustrasi Program Tol Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (Foto: Ditjen Hubla)
Ilustrasi Program Tol Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (Foto: Ditjen Hubla)

 Sebelumnya 
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya terus menggeber tol laut di masa pandemi. Kemenhub memiliki program menjamin keberlangsungan logistik ke seluruh wilayah indonesia. “Tol laut di tengah pandemi ini diharapkan mampu menjaga berlangsungnya pasokan logistik ke seluruh wilayah indonesia,” katanya di Jakarta, kemarin.

BKS sapaan akrab Budi Karya mengatakan industri pelayaran memiliki peran penting untuk mendukung program tersebut. Pelayaran swasta diharapkan ikut terlibat aktif dalam program tol laut dengan melayani bebera pa trayek yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan.

Baca juga : PSI Mau Lobi ke Pemerintah

“Saat ini, kami telah berupaya semaksimal mungkin agar tol laut dapat lebih baik memberikan layanan kepada masyarakat di seluruh indonesia. Khususnya bagi saudara-saudara kita di Timur Indonesia. Untuk memaksimalkan tol laut butuh peran semua pihak agar benar-benar dapat memaksimalkan kapasitas angkut yang ada di dalam kapal sehingga dapat menurunkan disparitas harga,” ujarnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Wisnu Handoko menilai, performa kapal kapal tol laut terus ditingkat kan ketepatan waktu roundturn voyagenya dengan dipantau melalui tracking system Logistics Communication System (LCS). Proses stuffing kontainer di pelabuhan muat Tanjung Perak dan Tanjung Priok juga diawasi oleh petugas dari otoritas pelabuhan.

Baca juga : Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Lakukan Terobosan dan Inovasi

“Sampai dengan Mei 2020 load factor muatan berangkat sudah cukup bagus rata-rata di atas 70 persen bahkan ada trayek yang mencapai 95 persen,” ungkapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.