Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar RUPST, Bank Bukopin Angkat Dirut Baru

Kamis, 18 Juni 2020 15:31 WIB
Jajaran Direktur Utama Bank Bukopin yang baru Rivan A  Purwantono (tengah) bersama jajaran direksi baru usai menggelar RUPST di Jakarta, Kamis (18/6). (Foto: ist)
Jajaran Direktur Utama Bank Bukopin yang baru Rivan A Purwantono (tengah) bersama jajaran direksi baru usai menggelar RUPST di Jakarta, Kamis (18/6). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Bukopin Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2019. Rapat yang diselenggarakan hari ini di Kantor Pusat Bank Bukopin dihadiri oleh Pemegang saham dan dilaksanakan dengan memperhatikan protocol kesehatan guna menanggulangi penyebaran Covid-19. 

Sesuai pengumuman yang telah ditayangkan sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, Tahun Buku 2019 ini membahas enam agenda dan dipimpin langsung oleh Komisaris Utama Independen, Mustafa Abubakar. 

Agenda pertama, perseroan meminta persetujuan atas laporan tahunan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2019, dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan atas tindakan pengawasan dan pengurusan yang telah dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2019. 

Direktur Operasi dan TI Bank Bukopin, Adhi Brahmantya mengatakan, beberapa agenda lainnya yang disahkan pada RUPST perihal kinerja Perseroan selama tahun 2019. Perseroan secara konsolidasi mencatat pertumbuhan aset dan laba bersih yang positif. 

Baca juga : Pasar Tanah Abang Dibuka, Rupiah Bergairah

“Aset Perseroan secara konsolidasi mencapai Rp 100,26 triliun, tumbuh menjadi 4,83 persen dibandingkan 2018 dan laba bersih secara konsolidasi pun meningkan 14,10 persen menjadi Rp 217 miliar,” jelasnya di Jakarta, Kamis (18/6). 

Agenda kedua dan ketiga berturut-turut adalah, perihal penggunaan laba bersih perseroan yang dialokasikan untuk memperkuat permodalan. RUPST kali ini juga sepakat untuk tidak memberikan tantiem kepada Dewan Komisaris dan Direksi. 

Pada agenda keempat dan kelima, RUPST memutuskan penunjukan kantor akuntan publik untuk pemeriksaan laporan keuangan perseroan tahun buku 2020 beserta penetapan honorariumnya. RUPST juga memutuskan tidak ada penyesuaian honorarium, gaji dan/atau tunjangan bagi dewan komisaris dan direksi perseroan. 

Agenda terakhir adalah penetapan perubahan susunan pengurus perseroan. Direktur Utama yang sebelumnya dijabat oleh Eko Rachmansyah Gindo, yang pada RUPST ini memang berakhir masa jabatannya telah mengumumkan untuk mundur dan tidak bersedia untuk dicalonkan kembali. 

Baca juga : Hasil RUPS, Ahmad Hadian Lukita Jadi Dirut PT LIB

Sebagai bentuk gentle agreement, Eko menyatakan bahwa Bukopin adalah pelabuhan terakhirnya pada institusi keuangan. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank Bukopin memutuskan mengangkat Rivan A Purwantono menjadi Direktur Utama Bank Bukopin menggantikan Eko. 

Seperti diketahui, Rivan bukan nama asing bagi Bank Bukopin. Sebelum menjabat sebagai Direktur Keuangan PT KAI, Rivan adalah sosok dibalik kemudi bisnis Konsumer Bank Bukopin. 

Selama hampir 1 periode Rivan menjabat sebagai Direktur Konsumer Bank Bukopin sebelum akhirnya dipinang oleh Kementerian BUMN. Penunjukan Rivan A Purwantono dinilai sangat tepat, mengingat nature bisnis Bank Bukopin yang selama ini memang fokus pada bisnis Ritel (UMKM dan Konsumer) Tidak hanya jajaran direksi yang ditempati oleh orang baru, ada Imam Subowo yang juga diangkat menjadi direktur perseroan. 

Selama ini Imam Subowo dikenal sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog sebelum akhirnya dipercaya menjadi Komisaris Utama Mitra Bumdes Nusantara. Dengan pengalaman sebagai direktur pengembangan, sosok Imam Subowo dinilai memiliki pengalaman yang sesuai untuk melanjutkan sepak terjang bisnis Bank Bukopin. 

Baca juga : Terlibat Suap, Bupati Lampung Utara Dituntut 10 Tahun Penjara

Selain dua jajaran direksi diisi oleh nama baru, turut hadir nama Sapto Amal yang dipercaya menjadi komisaris di Bank Bukopin. Sebelumnya nama Sapto Amal telah malang melintang dikenal sebagai Komisaris Utama Pelindo dan Jasa Marga sebelum akhirnya menjadi Direktur Utama SAO Advisory sejak April 2020. Diketahui pula bahwa Sapto Amal juga pernah menjadi Wakil Ketua BPK RI pada periode 2014-2017.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.