Dark/Light Mode

Akuisisi Perusahaan P2P Lending

MNC Kapital Perkuat Layanan Keuangan Digital

Selasa, 30 Juni 2020 13:36 WIB
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. (Foto: ist)
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi PT MNC Kapital Indonesia (BCAP) menuju layanan keuangan digital yang terintegrasi berada pada tahap akhir. Ini ditandai dengan ditandatanganinya term sheet untuk mengakuisisi mayoritas saham perusahaan platform peer-to-peer (P2P) lending.

Setelah akuisisi, selain berfungsi sebagai marketplace bagi pihak ketiga atau pemberi pinjaman individu, Perseroan berencana untuk menggunakan platform tersebut sebagai penyalur pembiayaan kredit bagi pengguna SPIN, MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, berencana untuk sepenuhnya memanfaatkan big data, mengintegrasikan master data manajemennya untuk meningkatkan peluang cross selling dan upselling produk yang ditawarkan.

Baca juga : Wamenhan Minta Ketahanan Pangan Diperkuat

Untuk mencapai hal ini, MNC Group sedang mengembangkan sistem akses tunggal di seluruh ekosistem digitalnya, mengkonsolidasi identitas pengguna untuk mengolah data analitik agar dapat mengetahui tingkah laku pelanggan dengan lebih baik dan melakukan penawaran pada waktu yang tepat.

HT-sapaan akrab Hary Tanoesoedibjo-mengatakan sudah siapkan sinerginya. Dengan memasuki bidang pembiayaan retail, platform P2P lending ini dapat digunakan sebagai platform penyaluran pembiayaan kredit untuk MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing 

“Lalu SPIN akan mensinergikan BCAP, MNCN (PT Media Nusantara Citra Tbk) dan IPTV (PT MNC Vision Networks Tbk). Dengan fitur tambahan seperti loyalty point dan payment gateway akan lebih meningkatkan keterlibatan pengguna," ujar Hary.

Baca juga : Pekerja Migran Pulang Kampung, Gus Jazil Minta Pemerintah Siapkan Lapangan Kerja

Direktur perseroan yang membawahi pengembangan digital, Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, revolusi industri 4.0 menuntut respons serba cepat. BCAP sepenuhnya siap melakukan berbagai transformasi digital. 

Tentunya, kata Jessica, tidak sekedar cepat, tapi yang terpenting yaitu tepat dalam memanfaatkan teknologi untuk menjadikan BCAP sebagai pelopor layanan keuangan digital yang terintegrasi di Indonesia.

"MNC Kapital akan terus menjawab era digitalisasi yang berkembang semakin pesat dengan membangun sinergi grup yang solid dan tetap berkomitmen meningkatkan kenyamanan pelanggan serta efisiensi proses operasional bisnis," pungkas Jessica. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.