Dark/Light Mode

Retno Marsudi Paling Stylish, Sri Mulyani Konsisten Berbusana Klasik

Minggu, 5 Juli 2020 12:33 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela acara Forum Indonesia Afrika (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali. (Foto: Antara)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela acara Forum Indonesia Afrika (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakaian, tak sekadar benda yang melekat pada tubuh, ataupun hanya menghangatkan dan memberi kenyamanan pada konteks fisik dan psikologis. Lebih dari itu, pakaian juga punya kepentingan pencitraan, persoalan identitas, penggayaan dan gaya hidup, isu politik, bahkan misi budaya.

Hal ini diungkap desainer senior Musa Widyatmodjo dalam acara Seru-seruan Rakyat Merdeka bertema "Fashion Ideology dan Gaya Berbusana Politisi" yang ditayangkan secara streaming di media sosial Rakyat Merdeka, Sabtu (4/7).

Baca juga : Carousel, dari Clothing Rambah Bisnis Animasi dan Konser Musik

Terkait hal ini, Musa pun menyoroti gaya busana para pembantu Jokowi. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dinilainya sebagai menteri yang paling stylish.

“Ibu Menteri Luar Negeri keliatan stylish sekali dalam penampilanya. Terutama di ajang internasional. Terlihat sekali, bagaimana dia memanfaatkan baju batik, atau selendang batik. Beliau nggak takut buat bereksperimen. Misalnya, dengan menggunakan scarf, ataupun bandana. Itu menunjukkan bahwa beliau bisa tampil berani dalam mengolah fashion," papar Musa.

Baca juga : Dulu Dicuekin, Porang Kini Mulai Berkembang Di Sulawesi Selatan

Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan juga dinilainya sangat menarik dalam berbusana. Di mata Musa, Susi bisa menjadi sangat bunglon. "Bisa sangat cuek sekali, gayanya bisa sangat preman banget. Tapi, di beberapa acara resepsi, Bu Susi juga sering tampil berkebaya. Beliau bisa menyesuaikan,  dengan kebaya dan kain yang nyerimpet, yang menyulitkan cara berjalan. Itu menarik," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.