Dark/Light Mode

Empat Hari Perkasa, Hari Ini Rupiah Megap-megap

Jumat, 10 Juli 2020 09:58 WIB
Empat Hari Perkasa, Hari Ini Rupiah Megap-megap

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat hari berturut-turut sukses menunjukkan penguatan, rupiah akhirnya megap-megap. Pagi ini, mata uang Garuda melemah 5 poin, atau sekitar 0,03 persen berada di level Rp 14.400 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya, yang terpaku di angka Rp 14.395 per dolar AS.

Tapi, rupiah tak sendirian. Mayoritas mata uang Asia lainnya, juga setali tiga uang. Won Korea Selatan susut 0,47 persen, ringgit Malaysia 0,21 persen, peso Filipina 0,12 persen, yuan China 0,1 persen, baht Thailand 0,09 persen, dolar Singapura minus 0,08 persen.

Dolar Hong Kong dilaporkan stagnan. Hanya yen Jepang yang menguat 0,17 persen. 

Baca juga : Menguat 0.62 Persen, Rupiah Paling Sakti di Asia

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, kekhawatiran peningkatan penularan kasus covid-19 global, kembali menjadi sentimen negatif yang bisa menekan pergerakan aset berisiko di sesi Asia hari ini. Rupiah pun kena imbas.

Data penularan Covid-19 di Indonesia sendiri juga terus menunjukkan tren naik.  Belum melandai. “Kekhawatiran ini menutupi potensi pemulihan ekonomi di tengah pandemi,” kata Ariston dalam riset harian, Jumat (10/7).

Tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun, terlihat kembali tertekan ke kisaran 0,615 persen. Angka ini turun sekitar 7 persen dari penutupan perdagangan Rabu kemarin.

Baca juga : Pagi Ini Rupiah Menguat Tipis, Mudah-mudahan Kuat Seharian

Hal ini mengindikasikan pasar kembali mencari aset aman sebagai alternatif investasi, dengan memegang aset dolar AS.

Ariston memprediksi, pergerakan nilai tukar rupiah sepanjang hari ini, berpotensi melemah terhadap dolar AS. "Rupiah berpotensi bergerak melemah hari ini. Menuju ke area Rp 14.550, dengan potensi support di kisaran Rp 14.400," jelasnya.

Kemarin, rupiah ditutup di level Rp 14.395 per dolar AS. Menguat tipis 0,10 persen dibanding penutupan sebelumnya, Rabu (8/7), yang berada di level Rp 14.410 per dolar AS di pasar spot.

Baca juga : Perusahaan Perparkiran Megap-megap, Butuh Relaksasi

Sementara pada kurs tengah Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada di level Rp 14.446 per dolar AS. Menguat 14 poin atau 0,1 persen dari posisi Rp 14.460 pada Rabu (8/7). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.