Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Tol Laut

Damri Layani Angkutan Barang Ke Natuna

Senin, 27 Juli 2020 14:08 WIB
Armada Damri siap layani angkutan barang ke Natuna
Armada Damri siap layani angkutan barang ke Natuna

RM.id  Rakyat Merdeka - Damri siap melayani angkutan barang (logistik) ke Pulau Natuna Provinsi Riau. Jasa logistik ini sebagai bagian dari dukungan perusahaan dalam pelaksanaan program tol Laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. 

Dalam pelaksanaannya, Damri bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan DAMRI, Nico R. Saputra menjelaskan, pelayanan angkutan barang Damri ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden RI Nomor 70 Tahun 2017 tanggal 18 Juli 2017 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar Dan Perbatasan.

Baca juga : Bank DKI Dukung Transaksi Non Tunai Layanan Ambulan

Selain itu juga merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 10 Tahun 2020 tanggal 24 Februari 2020, tentang Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Di Jalan Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar Dan Perbatasan.

Serta kata dia, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 95 Tahun 2020 tanggal 23 April 2020 tentang Penugasan Kepada Perusahaan Damri untuk Menyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Barang Di Jalan Dari dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan Tahun 2020.

Menurut Nico, Pelabuhan Selat Lampa – Ranai di Kabupaten Natuna Kepri menjadi salah satu Jaringan Trayek yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai Jaringan Lintas Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Barang. 

Baca juga : Cegah Tabrakan Dari Belakang, Kemenhub Minta Truk Pasang Perisai

"Damri memulai menyisir dari jalan hingga ke daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan) hingga sampai ke perbatasan dimulai Tahun 2020 ini," kata Nico.

Disebutkan, layanan ke Natuna ini bertujuan untuk mewujudkan konektivitas dan menjaga kestablilan harga antar wilayah, yang mencakup wilayah Barat dan Timur Indonesia. Serta meningkatkan perekonomian di Natuna.  

"Angkutan barang yang dilayani Damri di Natuna ini terhubung dengan Kapal Tol Laut yang dikelola oleh PELNI sehingga tercipta dan terbangun pula konektivitas antar moda," tegas Nico.

Baca juga : Duel Joshua Vs Fury Bangkitkan Gairah Tinju Kelas Berat

Dalam rangka mendukung program tersebut, Damri menyiapkan 8 unit kendaraan dengan spesifikasi muatan padat dan cool box.

"Damri berharap program ini dapat terus terlaksana sehingga dapat menurunkan biaya logistik, menekan angka disparitas harga barang, mendorong meningkatkan distribusi logistik dari dan ke Kabupaten Natuna dan sekitarnya, serta dapat meringankan beban para pelaku usaha," tutup Nico. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.