Dark/Light Mode

Mendag Dorong Anggota APEC Kolaborasi Pulihkan Ekonomi Kawasan

Selasa, 28 Juli 2020 06:23 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam forum APEC Virtual Ministers Responsible for Trade Meeting (APEC VMRT). (Foto: Instagram/kemendag)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam forum APEC Virtual Ministers Responsible for Trade Meeting (APEC VMRT). (Foto: Instagram/kemendag)

 Sebelumnya 
Dalam pertemuan APEC VMRT ini, para Menteri Perdagangan APEC menyepakati pernyataan bersama (APEC VMRT Statement) sebagai wujud penegasan komitmen bersama atas pentingnya mitigasi dampak pandemi Covid-19 secara efektif, berkelanjutan, dan inklusif. APEC VMRT statement, terang Agus, merefleksikan komitmen bersama ekonomi APEC dalam memperkuat ketahanan rantai suplai dan memfasilitasi kelancaran arus barang esensial secara transparan, nondiskriminatif, stabil, dan dapat diprediksi untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, khususnya terhadap sektor perdagangan.

Agus menegaskan, program kerja ekonomi APEC untuk penanganan pandemi merupakan langkah strategis penting untuk segera dilakukan, namun dengan tetap menjaga kepentingan nasional dan memperhatikan kebijakan domestik ekonomi APEC. Aksi kolektif, sinergi, dan kolaborasi yang dilakukan baik secara regional maupun global akan menjadi landasan yang kuat untuk mempercepat pemulihan ekonomi, baik di masa maupun pascapandemi Covid-19.

Baca juga : Pusat Anggarkan Rp 15 Triliun Untuk Pulihkan Ekonomi Daerah

“Ekonomi APEC perlu terus meningkatkan konsolidasi dan semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan di masa transisi ini. Indonesia terus mengupayakan pemulihan ekonomi melalui berbagai perangkat kebijakan perdagangan yang terintegrasi dengan tetap memprioritaskan perlindungan kepada masyarakat,” jelasnya.

APEC merupakan forum kerja sama 21 ekonomi di lingkar Samudera Pasifik. Kegiatan utama APEC meliputi kerja sama perdagangan, investasi, serta kerja sama ekonomi lainnya untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan di kawasan Asia Pasifik. Anggota APEC terdiri dari Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Kanada, Chile, China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Papua Nugini, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Baca juga : Seniman Siap Kolaborasi Untuk Membumikan Pancasila

Pada 2019, anggota ekonomi APEC mewakili 39 persen penduduk dunia (2,9 miliar jiwa), 47 persen dari perdagangan global (22 triliun dolar AS), dan 60 persen dari total riil produk domestik bruto dunia (48 triliun dolar AS). Total nilai ekspor Indonesia pada 2019 ke anggota APEC sebesar 125,1 milliar dolar AS, atau menurun dibandingkan 2018 sebesar 129,2 miliar dolar AS. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.