Dark/Light Mode

Kebijakan OJK Oke, Jumlah Investor Naik 18 Persen Per Juni 2020

Selasa, 28 Juli 2020 19:50 WIB
Kebijakan OJK Oke, Jumlah Investor Naik 18 Persen Per Juni 2020

 Sebelumnya 
Sementara itu, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi menilai, OJK juga berperan besar dalam melakukan edukasi dan perlindungan konsumen masyarakat. Hal ini terlihat dari makin inklusifnya akses masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal.

Ia mencontohkan, program OJK bersama BEI dan stakeholder ialah program Yuk Nabung Saham yang diinisiasi sejak 2015. Hal ini bertujuan untuk mengubah mindset dan kebiasaan masyarakat yang masih cenderung menabung (saving society) menjadi investasi (investing society).

Baca juga : Semester I, Investasi Manufaktur Naik 23,9 Persen

Program ini tidak hanya digalakkan di kawasan Jawa (Jawasetris) saja, melainkan menyebar di luar Pulau Jawa. “Kami memang bersama OJK melakukan akses yang sifatnya infklusif, membuka selebar-lebarnya partisipasi masyarakat misal program Yuk Nabung Saham. Menariknya kami tidak mempertentangkan kuantitas dan kualitasnya, kita ingin berjalan bersama-sama,” ungkapnya.

Selama program tersebut, investor di pasar modal terus mengalami peningkatan. Sebagai contoh, pada 2019 investor di pasar modal meningkat 53 persen menjadi 2.484.000 investor. Bahkan pandemi Covid-19 tak mempengaruhi pertumbuhan jumlah investor.

Baca juga : Pandemi, Waktu Yang Tepat Buat Investasi Properti

Hingga 30 Juni 2020, tercatat jumlah investor di pasar modal telah mencapai 2.920.000 investor, naik 18 persen dibandingkan 2019.

Sementara berdasarkan sebarannya, 71,42 persen investor berasal dari Jawa. Kemudian 15,57 persen dari Sumatera, 4,89 persen dari kalimantan, 3,58 persen dari Sulawesi, 3,30 persen berasal dari Bali, NTB dan NTT. Sisanya sebanyak 1,24 persen berasal dari Maluku dan Papua.

Baca juga : Ditengah Pandemik, Ekspor CBU Suzuki Justru Naik 22 Persen

"Selama masa PSBB, kami tetap melaksanakan kegiatan edukasi kepada masyarakat melalui platform online," ucap Hasan.

Hasilnya, dari 2.440 kegiatan edukasi dan literasi pasar modal online, sebanyak 17.121 peserta membuka akun di pasar modal. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.