Dark/Light Mode

Di Era New Normal Pandemi

Terobosan Jitu Parekraf Selalu Ditunggu

Minggu, 2 Agustus 2020 03:31 WIB
Petugas sebuah restoran membersihkan meja dengan desinfektan. (Foto: nusabali/Antara)
Petugas sebuah restoran membersihkan meja dengan desinfektan. (Foto: nusabali/Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat pandemi virus corona atau Covid-19 begini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) diharapkan membuat terobosan jitu untuk meningkatkan kunjungan wisata di Jakarta.

Apalagi, pada evaluasi Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P2APBD) tahun 2019, belum terlihat adanya langkah promosi wisata yang membantu memperbaiki kualitas pendapatan daerah.

Baca juga : Sambut Era New Normal, PANDI dan Kemenko PMK Gelar Webinar

“Saya meminta, tingkatkan kunjungan wisata dengan terobosan jitu. Dinas Parekraf harus serius membuat even professional. Karena kondisi kita sekarang ini sudah dalam tahap pemasukan minim sekali,” ujar Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, di Jakarta, Jumat (31/7).

Selain itu, dewan mendorong Dinas Parekraf melaksanakan program prioritas, sehingga serapan APBD 2020 dapat optimal hingga akhir tahun. Pasalnya, berdasarkan evaluasi pelaksanaan APBD 2019, Dinas Parekraf hanya mampu merealisasikan serapan anggaran sebesar 82,02 persen.

Baca juga : Sibuk Ngurus Pandemi, Berat Badan Jokowi Turun 3 Kg

“Kepala Dinas harus megatur program prioritas. Apalagi kita dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan sisa anggaran yang terbatas. Program prioritas harus segera dieksekusi. Sehingga nantinya di akhir tahun, dana-dana itu terpakai, terserap,” terangnya.

Seluruh pelaksanaan kegiatan program prioritas itu pun wajib dilaporkan ke Komisi B DPRD DKI Jakarta, sebagai bahan evaluasi perbaikan kualitas penganggaran ke depan.

Baca juga : New Normal, Sembilan Kapal Pelni Berlayar Kembali

“Harus ada laporan yang jelas. Sehingga kami tahu manfaat kegiatan yang dijalankan. Apakah sudah sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat atau belum,” ungkapnya. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.