Dark/Light Mode

Menkeu: Indonesia Belum Resesi

Rabu, 5 Agustus 2020 22:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Instagram)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Sehingga, diharapkan, ekonomi pada Triwulan III tahun ini dapat tumbuh pada kisaran 0-0,5 persen. Sementara di Triwulan IV dapat tumbuh hingga mendekati 3 persen, agar pertumbuhan bisa kembali ke zona positif.

"Di Triwulan IV, kita berharap bisa meningkat mendekati tiga persen. Kalau itu terjadi, maka keseluruhan tahun bisa terjaga di zona positif. Minimal 0-1 persen," jelas Sri Mulyani.

Baca juga : Masa Depan Indonesia Setelah Pandemi Covid-19 Ada di Desa

Meski demikian, ia mengakui upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi bukan merupakan hal yang mudah. Mengingat berbagai sektor lapangan usaha maupun kelompok pengeluaran, mengalami kontraksi yang dalam.

"Pada Triwulan III, probabilitas negatif masih ada. Karena penurunan di beberapa sektor mungkin tidak dapat pulih secara cepat," katanya.

Baca juga : Masih Ada Peluang Kita Lolos Dari Jurang Resesi

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi terkontraksi pada level negatif untuk pertama kalinya sejak Triwulan I-1999, setelah perekonomian pada Triwulan II-2020 tumbuh negatif 5,32 persen.

Pencapaian ini sedikit meleset dari proyeksi pemerintah yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi Triwulan II-2020 di antara minus 5,08 persen-minus 3,54 persen dengan titik tengah minus 4,3 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.