Dark/Light Mode

Triplogic Siapkan Jasa Kirim Instan

Selasa, 11 Agustus 2020 17:48 WIB
Petugas Triplogic sedang mengantarkan paket. Foto: triplogic.io
Petugas Triplogic sedang mengantarkan paket. Foto: triplogic.io

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup) yang bergerak di bidang logistik, Triplogic, telah melakukan analisis prediktif atas pengiriman yang pernah mereka lakukan. 

Co-founder dan CEO Triplogic Oki Earlivan mengatakan, lewat analisis itu, Triplogic bisa memilih titik pengiriman berikutnya secara strategis. Sehingga perusahaan yang dirintisnya sanggup melayani jasa pengiriman barang secara cepat. 

Artinya, untuk jasa instan tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Dalam waktu tiga jam, barang yang dikirim bisa sampai ke lokasi sesuai area yang telah dipesan konsumen.

Dia tidak menyebut secara detail di wilayah mana saja titik pengiriman atau drop shipping point itu dibangun. Namun dia menegaskan, bahwa titik dibangun pada lokasi UMKM dan toko lokal yang berbentuk loker dan boks pintar di banyak kota.

Baca juga : Cameron Diaz Temukan Kedamaian Usai Pensiun Dari Industri Film

“Kami ada banyak pelanggan seperti UMKM online dan offline. Bahkan hingga pengguna ritel atau individu yang hanya sesekali mengirimkan paket,”  kata dia dalam siaran pers, kemarin.

Pihaknya memang memiliki pelanggan yang sangat beragam. Selain UMKM, Triplogic melayani berbagai pengiriman dari bisnis yang teratur mengirimkan paket. Khususnya perusahaan distributor dan e-commerce.

Sedangkan untuk klien korporat, Triplogic membantu pengiriman dengan menggunakan truk dan van ke lokasi kios dan toko lokal dengan harga yang relatif terjangkau. 

Saat yang sama, Triplogic memfasilitasi metode transaksi tunai di tempat (cash on delivery) untuk klien mereka.
“Untuk pelanggan ritel dan UMKM, Triplogic menawarkan layanan pengiriman di hari yang sama dan layanan kilat satu hari, baik untuk pengiriman dalam kota maupun antarkota,” terang dia.

Baca juga : Pemerintah Sudah Siapkan Skema Subsidi Pulsa Internet

Pelanggan dapat menggunakan aplikasi untuk mengatur pengiriman barang ke beragam destinasi dalam satu kali perjalanan. Secara offline, mereka juga bisa menitipkan barang di titik pengiriman terdekat, yang pengirimannya dilanjutkan oleh agen.

Triplogic telah bermitra dengan 1.600 UMKM dan beroperasi di 61 kota di seluruh Indonesia. Termasuk kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Palembang.

Sementara, perusahaan pun telah mendapatkan pendanaan tahap awal dari modal ventura, East Ventures. 
Hanya saja, Triplogic enggan menyebutkan besaran investasi yang diterima. 

Dana segar ini rencananya digunakan untuk memperluas jaringan logistik perusahaan. Caranya, dengan menggandeng lebih banyak mitra usaha UMKM sebagai titik pengiriman barang (drop shipping point).

Baca juga : FKG Trisakti Serahkan Bantuan Serentak di 36 Titik di Indonesia

“Kami adalah perusahaan logistik yang menyediakan solusi lengkap dari hulu ke hilir, mulai dari logistik, pengiriman paket, pengemasan, dan distribusi untuk UKM,” ujar Oki.
Oleh sebab itu, startup logistik ini menyebut bahwa perusahaan mereka bergerak di bidang logistics-as-a-service (LAAS). “Kami terus berfokus menciptakan ekosistem rantai pasokan yang kuat,” tutur dia. 

Ia menyebutkan, perusahaannya melayani ribuan pengiriman per harinya. Pertumbuhan nilai transaksi (Gross Merchandise Volume/GMV) mencapai 34 kali lipat. Triplogic pun berencana membangun lebih dari 15 ribu titik pengiriman pada tahun ini. Tambahan dana ini juga akan digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan teknologi.

Perwakilan East Ventures, Melisa Irene menjelaskan, platform e-commerce yang mereka danai telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Sebab, e-commerce tersebut mempermudah konsumen mendapatkan produk yang diinginkan dan menciptakan pengalaman online ke offline yang mulus.
 
“Kami menyadari bahwa Triplogic, sebagai pemain logistik last mile, cocok untuk melengkapi ekosistem rantai pasokan kami selama ini,” ujarnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.