Dark/Light Mode

Kereta Api Dukung Penuh Indonesia Maju, Kuat dan Sehat

Rabu, 19 Agustus 2020 09:09 WIB
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo tengah memastikan 
kesiapan fasilitas pendukung protokol kesehatan di Stasiun 
Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Humas KAI)
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo tengah memastikan kesiapan fasilitas pendukung protokol kesehatan di Stasiun Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Humas KAI)

 Sebelumnya 
Selain itu, pelanggan KA juga wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai baju lengan panjang.

Pelanggan KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan oleh KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun (infant) diminta untuk membawa face shield pribadi.

Baca juga : Di HUT Ke-75 RI, Dua Pemuda Ethiopia Doakan Indonesia Jaya Selalu

KAI juga menghadirkan layanan rapid test di 14 stasiun, bagi pelanggan yang telah memiliki tiket KA atau kode booking dengan dikenakan biaya sebesar Rp 85.000.

Layanan Rapid Test di stasiun ini, merupakan hasil kerja sama KAI dan Rajawali Nusindo. Masa berlaku hasil nonreaktif rapid test tidak lebih dari 14 hari, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Jika pelanggan mendapati hasil rapid test reaktif, maka tiket akan dikembalikan 100 persen. Selain melaksanakan protokol kesehatan, berbagai upaya untuk minimalisasi penyebaran Covid-19 pun terus dilakukan KAI.

Baca juga : Ekonomi Kokoh Untuk Indonesia Maju Bersama Kereta Api

Salah satunya, KAI secara aktif melakukan sosialisasi kampanye yang sedang digencarkan oleh pemerintah yakni 3M yaitu: menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

KAI melakukan sosialisasi melalui berbagai media secara terus-menerus seperti media-media luar ruang di sekitar stasiun, media-media di dalam lingkungan stasiun, di TV KA selama perjalanan, di berbagai media sosial, bahkan menggunakan media massa nasional.

Berbagai perubahan dilakukan oleh KAI demi mendukung upaya untuk mewujudkan Indonesia yang maju, kuat dan sehat. Ke depan, berbagai perubahan dan tantangan tak akan berhenti. Apalagi, di tengah berbagai ketidakpastian.

Baca juga : Kereta Api Iringi Perjuangan Bangsa Indonesia

Namun, dengan sinergi dan kerja cerdas, serta dukungan penuh dari seluruh rakyat Indonesia, berbagai tantangan tersebut dapat dihadapi bersama. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.