Dark/Light Mode

Dibangun Dalam Waktu 20 Bulan

Jokowi: Bandara Yogya Terbaik Di Indonesia

Sabtu, 29 Agustus 2020 08:44 WIB
Presiden Jokowi (kiri) seusai meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Jumat (28/8). (Foto: Sekretatiat Kabinet)
Presiden Jokowi (kiri) seusai meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Jumat (28/8). (Foto: Sekretatiat Kabinet)

 Sebelumnya 
Dengan runway sepanjang itu, bandara baru ini sudah bisa didarati pesawatpesawat berbadan besar. “Di sini bisa didarati airbus a380 dan Boeing 777. Pesawat gede-gede bisa turun di sini,” ucapnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, kehadiran YIA dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini juga menjadi upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi virus corona.

BKS sapaan akrab Budi Karya optimistis Bandara Internasional Yogyakarta mampu berdampak positif bagi perekonomian nasional dan masyarakat khususnya di Yogyakarta. ia mengingatkan Candi Borobudur merupakan salah satu da ri lima destinasi wisata superprioritas. Konektivitas antarmoda dari Bandara YIA menuju Candi Borobudur juga harus ditingkatkan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut YIA Bandara Terbaik Di Indonesia

Kementeriannya telah memastikan adanya dukungan transportasi dari bandara menuju kota Yogyakarta dan destinasi wisata. transportasi yang tersedia meliputi angkutan Pemadu moda Damri, SetelQu, taksi bandara, taksi online, dan kereta api melalui stasiun Wojo. “Ke depan, jalur kereta akan langsung masuk ke area bandara,” ujarnya.

Direktur Utama PT angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, sebanyak 3.355.660 penumpang menggunakan jasa penerbangan yang keluar dan masuk di Bandara Internasional Yogyakarta, sejak beroperasi penuh pada 29 Maret 2020 sampai 24 Agustus 2020 dengan sebanyak 4.193 penerbangan yang mendarat dan terbang (take off and landing).

Faik merinci penerbangan yang keluar dari Bandara Internasional Yogyakarta, yakni 2.185 penerbangan dengan total 325.577 penumpang. Kemudian, jumlah pesawat yang mendarat sebanyak 20.336 penerbangan dan 3.030.083 penumpang.

Baca juga : Raline Shah Bicara Cinta Sejati Untuk Indonesia

“Meski masa pandemi, jumlah pengguna Bandara internasional Yogyakarta cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penumpang pada agustus ini sebanyak 94.130 penumpang. Kemudian, jumlah yang tiba di Bandara internasional Yogyakarta tertinggi pada april 2020 sebanyak 780.751 penumpang,” katanya.

Pesawat yang melayani penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta yang melayani penerbangan domestik, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Air Asia Indonesia, Sriwijaya Air. Kemudian pesawat yang melayani penerbangan Internasional, yakni Silkair dan Airasia dengan tujuan Singapura dan Kuala Lumpur.

Berdasarkan rancangan pembangunannya, bandara ini menghabiskan total investasi Rp 11,3 triliun. Sebanyak Rp 4,2 triliun digunakan untuk pembebasan lahan dan Rp 7,1 triliun dipakai untuk konstruksi. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.