Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Sebut YIA Bandara Terbaik Di Indonesia

Jumat, 28 Agustus 2020 12:28 WIB
Presiden resmikan Bandara YIA di Kulon Progo. (Istimewa)
Presiden resmikan Bandara YIA di Kulon Progo. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo menilai Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan bandara terbaik di Indonesia saat ini.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan YIA di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

"Menurut saya, ini (bandara) terbaik saat ini di Indonesia. Enggak tahu kalau ada bandara baru lebih baik lagi, enggak tahu," kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga : Sebut Bandara YIA Terbaik Untuk Saat Ini, Jokowi Puji Sri Sultan

Ia pun memuji cepatnya pembangunan Bandara YIA yang bisa diselesaikan dalam waktu 20 bulan. Jokowi juga memuji desain arsitektur bandara baru itu.

“Terima kasih kepada Angkasa Pura I dan PP yang pengerjaannya menurut saya ini terbaik di Indonesia untuk saat ini. Saya yakin bandara ini akan menjadi bandara yang paling ramai jika vaksin telah ditemukan," ujar Presiden.

"Kalau kita bandingkan dengan Bandara Adisutjipto, panjang runway disana 2.200 meter, disini 3.250 meter dan mampu didarati oleh pesawat Airbus A380 dan Boeing 777,” kata Jokowi.

Baca juga : Brigjen Apriastini, Kepala Pusat Sejarah Polri Wanita Pertama di Indonesia

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, hadirnya YIA ini merupakan bentuk kontribusi Angkasa Pura I untuk menghadirkan layanan bandara berkelas dunia dengan mengutamakan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi seluruh pengguna jasa bandara.

"Dan solusi atas permasalahan _lack of capacity_ yang terjadi di Bandara Adisutjipto,” tambah Faik Fahmi dalam rilis yang diterima RMco, Jum'at (28/8/2020).

Dijelaskan, YIA dibangun dengan investasi dana sebesar Rp11,3 triliun, di mana Rp7,1 triliun digunakan untuk pembangunan fisik dan Rp4,2 triliun untuk pembebasan lahan.

Baca juga : Sinar Mas Dan Astra Patungan Bikin Gedung Vokasi Di Undip

Dengan luas terminal sebesar 219.000 meter persegi dan total luas area bandara mencapai 587 hektar, menjadikan YIA sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia dengan kapasitas saat ini dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun, atau 11 kali lebih besar dari Bandara Adisutjipto yang hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

Pada kapasitas ultimate , YIA nantinya dapat menampung hingga 24 juta orang per tahun," tegas Faik.  [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.