Dark/Light Mode

Kunjungi Balikpapan, Kepala BKPM Kawal Pembangunan Proyek RDMP

Sabtu, 29 Agustus 2020 20:14 WIB
Kunjungi Balikpapan, Kepala BKPM Kawal Pembangunan Proyek RDMP

 Sebelumnya 
Direktur Utama PT KPI Ignatius Tallulembang menyampaikan, proyek RDMP RU V Balikpapan & Lawe-Lawe adalah proyek terbesar Pertamina dengan nilai mencapai 6,5 miliar dolar AS.

Proyek ini akan meningkatkan kapasitas kilang, memperbaiki kualitas produk, dan menurunkan harga pokok produksi BBM. Serta mendorong peningkatan devisa dan penerimaan pajak.

Baca juga : Perlunya Harmonisasi antara Pembangunan dan APBN Seret

“Produk yang dihasilkan nantinya akan memiliki standar Euro V. Artinya, sudah sama dengan negara-negara maju. Ke depan, Indonesia akan menjadi pemain terbesar dan terkuat di kawasan regional. Bahkan, mengalahkan Petronas Malaysia dan Korea National Oil Corporation (KNOC) Korea Selatan. Kita berfokus menciptakan kemandirian dan ketahanan energi, dan selanjutnya kedaulatan energi,” ujar Ignatius yang akrab disapa Lete.

Pembangunan proyek kilang ini sudah mencapai 19 persen, dan ditargetkan selesai tahun 2023 mendatang.

Baca juga : Bos PLN Sampaikan Progres Proyek Pembangunan Pembangkit 35.000 MW

Direktur Utama PT KPB Narendra Widjajanto mengutarakan, semua rencana tetap berjalan sesuai jadwal. Di masa pandemi ini, rencana tersebut juga mendorong Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyerap tenaga kerja.

"Saat ini, teznaga kerja yang terserap adalah sekitar 4.500 orang. Tentunya, di tahun mendatang akan menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja," jelas Narendra.

Baca juga : Mendes PDTT: Libatkan Perempuan dalam Pembangunan Desa

Kilang minyak ini terakhir kali diperbarui pada tahun 1995, dengan produksi mencapai 260 ribu barel per hari hingga saat ini. Target kapasitas produksi saat penyelesaian pembangunan di tahun 2023, diharapkan menjadi 360 ribu barel per hari. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.