Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Persaingan Kerjanya Ketat

Akuntan Wajib Punya Banyak Bekal

Rabu, 2 September 2020 17:33 WIB
Persaingan Kerjanya Ketat Akuntan Wajib Punya Banyak Bekal

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyajian laporan keuangan di Indonesia sekarang ini sudah banyak yang menggunakan berbagai standar international.

Hal ini bertujuan untuk mengkonvergensi standar akuntansi internasional dan standar akuntansi nasional ke arah solusi yang lebih tinggi.

Head of Association of Chartered Certified Accountant (ACCA) Indonesia Hani Karunia, mengatakan ada banyak hal yang harus dikuasai seorang akuntan di era digital seperti sekarang.

Peran teknologi dalam bisnis bukanlah sesuatu yang boleh dikesampingkan.

Baca juga : Jangan Khawatir, Pertamina Tetap Salurkan Semua Produk BBM, Termasuk Premium

"Adanya globalisasi dan ketatnya persaingan kerja, seorang akuntan diwajibkan memahami aplikasi teknologi dalam bisnis atau didalam praktek kerjanya di kemudian hari," kata Hani dalam keterangannya.

Lebih jauh dijelaskan, secara umum akuntasi internasional berperan untuk bertukar informasi mengenai penyajian laporan keuangan di beberapa negara. Itu diperlukan untuk mendapatkan keputusan dengan melihat perubahan yang terjadi dilingkup global.

Lebih jauh dia juga menjelaskan, ACCA didirikan pada tahun 1904 di Inggris.

"ACCA adalah badan akuntansi professional global yang menawarkan kualifikasi Akuntan bersetifikat Chartered. ACCA memiliki total 700,000 anggota (members) dan pelajar (students) di 178 negara," katanya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Gerak Cepat Amankan Bahan Baku Vaksin Corona

Pekerja profesional yang memiliki sertifikasi ACCA banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Karena sertifikat ini merepresentasikan integritas, kemampuan bisnis yang andal, dan pengetahuan dalam tentang akuntansi dan finansial (finance).

Hani juga menyatakan bahwa ACCA menjunjung tinggi standar internasional dalam etika berbisnis dan kemampuan akuntansi dan finansial yang dibutuhkan dalam praktik pekerjaan sebagai akuntan.

Didalam banyak hal, memiliki sertifikasi ACCA juga melambangkan seseorang yang paham tentang aplikasi teknologi terkini dalam pekerjaan seorang akuntan.

Selain itu, kurikulum dan materi ACCA juga mengajarkan tentang teknologi dalam dunia bisnis. “Maka dari itu, dengan mengikuti ujian dan mendapatkan gelar ACCA, maka kamu akan lebih unggul jika dibanding dengan lulusan akuntansi lainnya,” tuturnya.

Baca juga : Terkait Ganja, Kementan Tetap Mengacu Undang-Undang Narkotika

I3L School of Business (iSB) menjadi universitas yang menawarkan program tersebut. Ada beberapa keunggulan yang akan didapat jika mengambil program akuntansi internasional di I3L School of Business (iSB).

Diantaranya: Mahasiswa mendapatkan kesempatan memperoleh advanced diploma certificate dari ACCA United of Kingdom. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan magang di networks ACCA. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.