Dark/Light Mode

Tekan Laju Covid

Dirjen Perbendaharaan Sumbangkan Hand Sanitizer dan Hand Soap Berbahan Sawit Untuk Warga Zona Merah

Jumat, 4 September 2020 22:35 WIB
Tekan Laju Covid Dirjen Perbendaharaan Sumbangkan Hand Sanitizer dan Hand Soap Berbahan Sawit Untuk Warga Zona Merah

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menekan laju pandemi Covid-19, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) bekerja sama dengan Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan kegiatan Penyerahan Sabun Tangan Cair dan Penyanitasi Tangan Berbahan Sawit, yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto di Gedung Prijadi Praptosuhardjo, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/9).

Tujuan BPDP-KS dan SBRC mengadakan program ini adalah untuk menurunkan angka perluasan penyebaran virus Covid-19. Terutama, pada zona merah yang terinfeksi di Indonesia.

Pemberian hand sanitizer dan hand soap yang berbahan utama sawit (gliserol) ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan mencegah tertularnya virus Covid-19. Agar tetap sehat dan mampu menekan angka penularan dari virus tersebut.

Baca juga : Besok, Jokowi Kunjungi Aceh

“Kegiatan ini merupakan implementasi kebijakan, di mana kita dapat menghasilkan produk kesehatan yang dihasilkan dari salah satu kekayaan alam di Indonesia. Melalui penggunaan teknologi yang dihasilkan oleh anak bangsa kita sendiri, dan melibatkan kegiatan ekonomi rakyat melalui usaha kecil menengah," kata Andin.

Target program penyebaran produk ini berada di daerah-daerah berzona merah dari virus Covid-19 di berbagai lokasi di Indonesia. Tercatat, ada sebanyak 10.000 pcs yang akan disebarkan ke masing-masing daerah dengan tingkat kasus tertinggi di Indonesia.

Dirjen Perbendaharaan menambahkan, tetap optimis dan maju di kala pandemi menjadi kunci keberhasilan kita menghadapi permasalahan yang dihadapi.

Baca juga : L`Oreal Berikan Bantuan 5.000 Handsanitizer Untuk Bandung

"Jangan biarkan krisis Covid-19 ini membuahkan kemunduran. Ini justru harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan," tuturnya.

Selain dihadiri oleh Direktur Utama BPDP-KS, Eddy Abdurrachman kegiatan ini dihadiri oleh stakeholders lainnya dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Kesehatan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Kepala Pusat SBRC dan Badan Layanan Umum Kesehatan (BLU), serta sederet jurnalis dari media nasional.

BPDP-KS memfasilitasi dukungan pengadaan hand sanitizer, hand soap antiseptic dan anti bakteri untuk wilayah Jabodetabek. Bekerja sama dengan Badan Layanan Umum Kesehatan di wilayah Jabodetabek.

Baca juga : Lawan Covid, Pertamina Serahkan Alkes dan Paket Sembako Untuk Warga Kampung Tangguh Jagir

Selanjutnya, tindak lanjut distribusi akan diberikan kepada rumah sakit yang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) sebagai arahan Menteri Keuangan dalam bekerja sama dengan BLU kesehatan, dalam rangka menekan penyebaran Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.