Dark/Light Mode

Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Panduan Protokol K4

Sabtu, 5 September 2020 16:23 WIB
Webinar berkaitan dengan pariwisata Indonesia, Sabtu (5/9). (Foto: Kemenparekraf)
Webinar berkaitan dengan pariwisata Indonesia, Sabtu (5/9). (Foto: Kemenparekraf)

 Sebelumnya 
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Bali, Cokorda Raka Darmawan mengatakan, sebagai daerah tujuan wisata populer, Bali mempersiapkan diri untuk kehidupan dengan tatanan baru demi kembali bergeraknya ekonomi dan pariwisata serta upaya antisipasi penyebaran Covid-19.

Cokorda menegaskan, kajian untuk mempersiapkan ini telah dilakukan sejak bulan Juni 2020. Di tingkat provinsi, ada Peraturan Gubernur nomor 46 Tahun 2020 dan juga Peraturan Bupati nomor 52 Tahun 2020 tentang Penerapan Displin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 dalam kehidupanan tatanan baru.

Melalui Surat Edaran Bupati Badung no. 259 Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Badung kemudian mengeluarkan protokol kesehatan bagi tempat usaha pariwisata. "Awal Juli lalu, di tahap awal Bali mulai membuka kegiatan pariwisata khusus untuk masyarakat Bali sendiri, dan baru di akhir Juli lalu dibuka untuk wisnus," imbuhnya.

Baca juga : Soal Pangkalan Militer China, Indonesia Diminta Waspadai Laporan Pentagon

Ia mengatakan, ada 11 daya tarik wisata di wilayah Kabupaten Badung yang sudah dipastikan penerapan protokol K4 menyeluruh diantaranya adalah Pantai Kuta, Garuda Wisnu Kencana dan Beach Walk Shopping Center.

"Oleh karena itu, dengan kampanye Indonesia Care ini, kami memandang begitu penting untuk mendukung, bersinergi dan mengadopsi sepenuhnya untuk kepentingan bersama," katanya.

Senada, Ketua Umum Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bambang Soetanto mengatakan, ada sekitar 900-1000an taman dan atraksi wisata dibawah asosiasi yang siap dan sudah menerapkan protokol kesehatan dalam lingkungan usahanya semenjak mulai boleh dibuka hingga kini.

Baca juga : Genjot Pariwisata, Pengelola Hotel dan Pemda Harus Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

"Wisata domestik memang kelihatan mulai bangkit dan perlu kita kawal dan cermati bersama penerapan protokol K4-nya dan juga keberlangsungan usahanya," ucapnya.

Sementara itu, Komisaris Taman Safari Indonesia Tony Sumampau menjelaskan, Taman Safari yakin dengan mengadopsi dan menerapkan protokol K4 sesuai nilai-nilai dan arahan dalam Indonesia Care, pihaknya bisa lebih percaya diri untuk menghadirkan atraksi wisata yang sehat, bersih dan aman.

 "Demi keselamatan, penerapan protokol selalu jadi unsur utama yang diperhatikan, seperti misalnya untuk selalu memastikan atraksi wisata yang dihadirkan hanya dapat diikuti dalam kapasitas pengunjung secara terbatas untuk memastikan physical distancing," jelasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.