Dark/Light Mode

ESDM Gandeng Jepang & AS

LNG Melimpah, Alhamdulillah

Rabu, 6 Maret 2019 11:36 WIB
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto. (Foto: Twitter@Halo Migas).
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto. (Foto: Twitter@Halo Migas).

 Sebelumnya 
Dwi menuturkan, Asia Pasifik merupakan pemain besar gas, memegang porsi sebesar 9,4 persen dari total cadangan gas dunia. Sementara, China hanya memiliki 2,9 persen. Dan, Indonesia sebesar 1,53 persen cadangan gas dunia. 

“Sejak 1977, Indonesia menjadi pemain besar dalam bisnis gas dengan 1,53 persen cadangan gas dunia. Kami harapkan LNG forum ini akan menjadi pembuka pasar lebih lebar untuk Indonesia,” ungkapnya. 

Baca juga : The Baby Alien Hampir Pulih

Siap Kerek Kerja Sama 
Wakil Dubes AS untuk Indonesia Heather Variava mengungkapkan, AS memiliki teknologi yang dapat diterapkan untuk mengelola LNG di Indonesia. “Kami bertiga akan (siap) bekerja sama untuk menghadapi ketidakpastian. Dan, kami akan membawa kekuatan yang kami miliki untuk meningkatkan kerja sama dan menghasilkan produk berkualitas tinggi,” ujar Variava. 

Sedangkan Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Keiichi Ono menyatakan, pihaknya optimistis akan menemukan kesempatan kerja sama dengan AS dan Indonesia. Apalagi, Jepang selama ini mengimpor LNG dari Indonesia. 

Baca juga : Industri Semen Genjot Ekspor

Indonesia merupakan eksportir LNG terbesar kelima untuk Jepang dengan kerja sama yang sudah terjalin sejak 1973. “Indonesia merupakan produsen dan pasar yang besar. Jepang juga mengimpor LNG dari Indonesia. Saya yakin, kami akan menemukan kesempatan untuk kerja sama trilateral yang memanfaatkan keahlian dari masing-masing negara,” kata Ono. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.