Dark/Light Mode

Bandara SAMS Sabet ASQ Award, Kinerja AP I Diakui Dunia

Jumat, 8 Maret 2019 08:33 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi saat acara family gathering dan HUT Angkasa Pura I ke-55 di Tangerang
Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi saat acara family gathering dan HUT Angkasa Pura I ke-55 di Tangerang

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan prestisius tingkat dunia Airport Service Quality (ASQ) Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Airports Council International (ACI). Penghargaan ini mengukuhkan posisi bandara tersebut sebagai bandara terbaik di Asia-Pasifik di kategori bandara dengan 5-15 juta penumpang per tahun setelah tahun lalu juga meraih penghargaan serupa. Kinerja PT Angkasa Pura I (AP I) makin diakui dunia.

Pada ASQ Awards 2018, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berhasil meraih penghargaan pada 4 (empat) kategori. Pertama, Best Airport by Size and Region (5-15 million passengers per year in Asia-Pacific) atau Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Kedua, Best Environment and Ambience by Size (5-15 million passengers per year) atau Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun. Ketiga, Best Customer Service by Size (5-15 million passenger  (5-15 million passenger per year) atau Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun. Penilaian tersebut didasarkan hasil survei ASQ yang dirilis 6 Maret 2019 waktu Kanada.

Baca juga : Bandara Juanda Ditutup Sementara, 11 Penerbangan Ikut Terdampak

ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi mengatakan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan mengalami peningkatan raihan prestasi dibanding tahun sebelumnya pada ajang yang sama dengan kembali meraih predikat sebagai Bandara Terbaik di Asia-Pasifik pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 5-15 juta penumpang per tahun. Tahun lalu bandara terbesar di Pulau Kalimantan ini menyabet predikat 2nd place Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year.

Selain itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan pada beberapa kategori baru penghargaan seperti Best Environment and Ambience, Best Customer Service, dan Best infrastructure and Facilitation. “Penghargaan ini, merupakan bukti nyata kerja keras dan fokus AP I untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Garap Menpora, KPK Dalami Dokumen Sitaan

Director General ACI World Angela Gittens mengatakan, ASQ Awards merupakan perayaan atas pencapaian bandara-bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Penghargaan ini merupakan penghormatan tertinggi bagi operator bandara di seluruh dunia. “Bandara yang menerima penghargaan ini dinilai telah berhasil merespon kebutuhan penumpang yang terus berubah dengan memberikan layanan dan kinerja yang lebih baik,” kata Angela Gittens.

Bandara-bandara penerima penghargaan, lanjut Angela, telah mengakui bahwa memberikan layanan pelanggan yang lebih baik merupakan business tools yang penting dalam industri yang semakin kompetitif ini. “Penghargaan ASQ ini merupakan satu-satunya program global yang menyediakan pengukuran objektif dan perbandingan bagi bandara-bandara untuk membantu mendorong kinerja mereka,” katanya.

AP I juga dipercaya ACI menjadi operator bandara pertama di Asia-Pasifik sebagai tuan rumah Customer Experience Global Summit 2019. Bandara-bandara penerima penghargaan ASQ Awards 2018 akan diundang pada seremoni yang akan diadakan pada acara ACI Customer Experience Global Summit (CEGS) 2019, 2-5 September di Bali.

Baca juga : Gerbang Udara Baru Di Sulawesi Tengah

Penyelenggaraan ACI Customer Experience Global Summit tahun ini merupakan yang kedua setelah tahun lalu diselenggarakan di Halifax, Kanada. Tahun ini, kegiatan tersebut diprediksi akan dihadiri lebih dari 400 delegasi dari seluruh dunia. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.