Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja Sama Dengan Kemendikbud, Danone Dukung Edukasi Kesehatan, Kebersihan, dan Keterampilan

Kamis, 1 Oktober 2020 16:28 WIB
Dirjen Paud Dasmen Kemendikbud Jumeri (Foto: Istimewa)
Dirjen Paud Dasmen Kemendikbud Jumeri (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) bersama Danone Indonesia untuk mengembangkan "Edukasi Kesehatan, Kebersihan, dan Keterampilan di Satuan Pendidikan". Penandatanganan MoU dilakukan secara virtual, Kamis (1/10). 

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Paud Dasmen) Kemendikbud Jumeri menyatakan, pada masa pandemi, terjadi banyak perubahan besar di sektor pendidikan. Perubahan dilakukan demi mencegah klaster transmisi Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan. Caranya, antara lain menerapkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk serta menyusun modul pembelajaran. 

Sektor pendidikan, kata Jumeri, masih membutuhkan kontribusi dari berbagai pihak. Mulai dari pemerintah daerah, orang tua dan peserta didik, sampai dunia usaha. "Perwujudan kerja sama antara Kemendikbud dan Danone Indonesia dalam edukasi kesehatan, kebersihan, dan keterampilan ini adalah salah satu praktik baik terhadap bagaimana dunia usaha dapat berkontribusi pada generasi Indonesia unggul," ujar Jumeri, dalam siaran pers yang diterima RMco.id, Kamis (1/10). 

Baca juga : Banyak Stok, Muqowwam Dukung Kader dari Internal

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menambahkan, keterlibatan Danone Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia sangat erat dengan visi perusahaan itu, yakni "One Planet, One Health". "Kami percaya, kegiatan yang kami lakukan harus membawa dampak positif baik untuk kesehatan masyarakat maupun kesehatan bumi. Kami juga merasa sangat terhormat dapat menjadi mitra pemerintah dalam peningkatan kapasitas peserta didik untuk mendukung terwujudnya Indonesia Maju," imbuhnya. 

Vera menjelaskan, selain pembelajaran akademis, anak juga dapat belajar dari pembelajaran non-akademis melalui edukasi kesehatan, kebersihan, dan keterampilan lainnya. Danone Indonesia pun akan mereplikasi berbagai program unggulannya dalam kemitraan ini agar dapat mendukung program Merdeka Belajar. "Hal ini juga semakin memperkuat komitmen kami untuk memberikan dukungan konkret terhadap optimalisasi pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi," tutur Vera. 

Danone melalui dua unit bisnis, Waters dan Specialized Nutrition, secara konsisten melakukan kemitraan dengan berbagai pihak, menginisiasi program berkelanjutan di berbagai provinsi di Indonesia, serta menghadirkan produk nutrisi dan hidrasi untuk mendukung kesehatan. Dalam nota kesepahaman tersebut, Kemendikbud dan Danone Indonesia sepakat untuk melaksanakan berbagai program yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan di sekitar. Untuk edukasi gizi seimbang, hidrasi sehat, dan manajemen sampah, berbagai program unggulan yang telah mencapai 1 juta penerima manfaat pada akhir 2019 lalu akan direplikasi. 

Baca juga : Kemenhub Dukung Keselamatan Pesepeda

Danone akan memperluas program pencegahan stunting melalui Aksi Cegah Stunting, Ayo Minum Air untuk mendorong hidrasi sehat, akses air bersih (Water Access, Sanitation, and Hygiene/ WASH), dan perluasan edukasi pemerintah mengenai gizi seimbang melalui program Isi Piringku 4-6 tahun akan diberikan kepada peserta didik. Selain itu, buku panduan ‘Sampahku, Tanggung Jawabku’ juga dapat diterapkan kepada guru dan siswa sekolah dasar sebagai panduan pengelolaan sampah sejak dini.

Program Kantin Sekolah Generasi Maju (sebelumnya bernama Warung Anak Sehat) yang menghadirkan jajanan sehat melalui di 350 Ibu Pengelola Kantin juga akan diperluas untuk memfasilitasi pengembangan kantin sekolah sehat di satuan pendidikan. Pembinaan peserta didik yang memiliki hobi olahraga juga dapat dilakukan melalui keterlibatannya dalam program kompetisi sepakbola global Danone Nations Cup.

Vera mengingatkan, penguatan kebiasaan baik pada peserta didik dan tenaga pengajar di sekolah dapat menjadi awal yang baik untuk mendukung kemajuan sumber daya manusia Indonesia. Pengetahuan, dalam hal nutrisi, hidrasi, bina lingkungan, dan olahraga, merupakan modal yang baik. "Kami sangat mengapresiasi komitmen dari pemangku kepentingan dan berharap kita semua dapat menginspirasi lebih banyak kemitraan positif. Mari kita bersatu padu, bersama cegah stunting untuk anak-anak Indonesia yang lebih sehat," tutupnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.