Dark/Light Mode

Menkop Teten Dorong Peran Anggota Aktif Majukan Koperasi

Senin, 12 Oktober 2020 21:45 WIB
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki di acara Forum Partisipasi Anggota Prioritas Koperasi BMI secara virtual, Senin (12/10). (Foto: Kemenko UKM)
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki di acara Forum Partisipasi Anggota Prioritas Koperasi BMI secara virtual, Senin (12/10). (Foto: Kemenko UKM)

 Sebelumnya 
Dengan melibatkan secara aktif seluruh anggota koperasi dalam perencanaan usaha dan proses pengambilan keputusan, juga merupakan cara untuk meningkatkan partisipasi anggota koperasi. "Anggota perlu menyadari tujuan pelayanan usaha yang dilakukan oleh pengurus dan pengelola," imbuhnya.

Modernisasi Koperasi

Baca juga : Kemenkop Dorong 500 Koperasi Bertransformasi Digital

Teten juga mengajak melakukan modernisasi koperasi sebagai upaya perubahan atau transformasi koperasi untuk lebih maju dalam hal organisasi, tata kelola dengan teknologi dan mengikuti perkembangan zaman agar melahirkan koperasi modern.

Koperasi modern adalah koperasi yang menjalankan kegiatan dan usahanya dengan menerapkan tata kelola koperasi yang baik (Good Cooperative Governance/GCG), memiliki daya saing dan adaptif terhadap perubahan. "Langkah modernisasi Koperasi memang harus dijalankan, karena bertujuan untuk meningkatkan daya saing, manfaat, relevansi, dan integrasi ekonomi digital Koperasi," ujarnya.

Baca juga : Parepare Dorong Pemulihan dan Pertumbuhan Ekonomi

Dalam rangka pengembangan Koperasi, pemerintah memiliki lima strategi modernisasi Koperasi. Di antaranya, perbaikan ekosistem, yang salah satunya terkait akses pembiayaan dan pasar, serta masuknya koperasi ke sektor unggulan.

Kedua, berupa instrumen kebijakan guna memastikan terciptanya kerja kolaboratif seluruh pemangku kebijakan. Yang tak ketinggalan adalah sistem pengawasan dan lembaga penjamin.

Baca juga : Demokrat Minta Tarif Swab Diturunkan Lagi

Di samping konsolidasi UKM Hulu Hilir, yang salah satunya meliputi konsolidasi lahan, pola tanam, dan sebagainya. "Ada juga strategi Arsitektur Pengembangan Koperasi Nasional yang meliputi infrastruktur, profesionalisme dan tata kelola, dan sebagainya," pungkas Teten. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.