Dark/Light Mode

Gelar Pelatihan Bisnis Di 14 Kota

Gojek Dorong UMKM Go Digital

Rabu, 13 Maret 2019 20:01 WIB
Ilustrasi (Foto : Istimewa)
Ilustrasi (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gojek memberikan pelatihan wirausaha kepada lebih dari 150 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelatihan ini dilakukan Gojek sebagai langkah untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM dan meningkatkan daya saing para pelaku UMKM.

Vice President Public Affairs Gojek Astrid Kusumawardhani mengatakan, pihaknya terus berusaha mendorong UMKM untuk Go Digital. “Salah satu cita-cita utama kami adalah untuk meningkatkan kapasitas sektor usaha non formal dan daya saing UMKM,” ujarnya melalui keterangan tertulis, kemarin.

Baca juga : Pemerintah Dorong Usaha Kecil Di Kendari

Untuk diketahui, UMKM yang dilatih tersebut merupakan binaan dan anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) serta badan otonom Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Program Gojek Wirausaha ini merupakan bentuk pelatihan berbisnis yang diberikan untuk UMKM dalam bentuk kelas tatap muka. Dengan semangat awal bahwa inovasi digital dapat menjadi jembatan untuk berkembangnya ekosistem ekonomi kerakyatan, kini Gojek telah berhasil menghubungkan pengguna dengan lebih dari 2 juta mitra pengemudi, hampir 400 ribu merchant UMKM. Serta lebih dari 60 ribu penyedia layanan dari sektor non formal lainnya di 204 kabupaten/ kota di Indonesia dan negara lainnya di Asia Tenggara.

Astrid mengatakan, pelatihan Gojek Wirausaha didasari oleh banyaknya tantangan yang dihadapi UMKM Indonesia. Terutama dalam memulai bisnis dan meningkatkan skala bisnisnya. “Program ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM, bisa menjadi #WirausahaNaikKelas. Materi yang diajarkan mulai dari perencanaan bisnis hingga pengelolaan keuangan yang baik sebagai fundamental membangun bisnis,” uangkap Astrid.

Baca juga : Trump-Jong Un Saling Memuji

Berlokasi di University Club Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Gojek berbagi kisah sukses mulai dari perencanaan bisnis hingga mengelola keuangan yang baik. Pelatihan ini dinilai dapat dijadikan sebagai ilmu yang fundamental dalam membangun bisnis. Sementara itu, masih dalam semangat Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap awal bulan Maret, pelatihan Gojek Wirausaha kali ini bertemakan “Cerdas Mulai Berusaha” dan kembali menggandeng Muslimat NU sebagai salah satu organisasi perempuan bidang sosial keagamaan dan kemasyarakatan terbesar di Indonesia.

Tak hanya Muslimat NU, keluarga besar Nahdlatul Ulama lainnya di Yogyakarta seperti Badan Otonom Fatayat Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) juga turut hadir untuk dapat belajar bersama bagaimana cara berwirausaha di era digital.

Baca juga : Jokowi Dorong Sistem Digital Di Pertanahan

Sejak tahun 2018, Pimpinan Pusat Muslimat NU menggandeng Gojek dan Go-Pay dalam kerja sama strategis untuk akselerasi ekonomi umat berbasis digital. Kerja sama tersebut juga untuk digitalisasi ekonomi di berbagai lingkungan Muslimat NU mulai dari koperasi, masjid, dan UMKM binaan di seluruh Indonesia. “Gojek berkontribusi dalam dua hal utama. Yaitu, meningkatkan daya saing UMKM binaan Muslimat NU melalui pelatihan Gojek Wirausaha, dan mendukung digitalisasi ekosistem NU melalui Go-Pay,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :