Dark/Light Mode

Antisipasi Kepadatan, Jasa Marga Tutup Rest Area 50A Arah Cikampek

Kamis, 20 Agustus 2020 13:30 WIB
Lalu lintas ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sementara  ditutup.
Lalu lintas ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sementara ditutup.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menutup sementara rest area kilometer 50A arah Cikampek. 

Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pada libur panjang minggu ini.

General Manager Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati mengatakan, diberlakukannya penutupan sementara rest area ini diharapkan dapat mencairkan kepadatan di km 50A.

Widiyatmiko menjelaskan, pengguna jalan yang ingin menggunakan fasilitas rest area, dapat mengunjungi lokasi lainnya, seperti yang berada di km 19A, km 33A, km 39A, dan km 57A arah Cikampek. 

Baca juga : 27 Orang Positif Covid, Pengadilan Agama Surabaya Tutup Sementara

Sementara, bagi pengguna jalan yang ingin mengisi bahan bakar dapat mengunjungi rest area km 19A, km 39A dan km 57A yang memiliki fasilitas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi penutupan melalui Variable Message Sign (VMS) di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan rest area dimaksud," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (20/8).

Selain itu, kata Widiyatmiko, Jasa Marga juga akan memperpanjang contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Cikampek untuk mengantisipasi kemacetan. 

Baca juga : Atasi Patek, Petani Cabe Bisa Gunakan Paket Agens Hayati

Awalnya, rekayasa lalu lintas ini berlaku dari kilometer 47 sampai 53. Namun lintasan ditambah menjadi hingga kilometer 61 sejak pukul 10.00 WIB, Kamis (20/8).

Perpanjangan rute tersebut dilakukan seiring terus meningkatnya volume lalu lintas di jalan tol bertepatan dengan libur panjang akhir pekan. Hal ini diharapkan dapat mengurai kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Japek Elevated dan Jalan Tol Japek km 48.

"Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu," jelasnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, libur cuti bersama ini berbeda dengan libur HUT RI Ke 75. Masyarakat lebih banyak melakukan perjalanan dari Jakarta ke tujuan jarak pendek seperti Bandung dan Bogor.

Baca juga : Antisipasi Kelangkaan Saat Musim Tanam, Pupuk Kaltim Siapkan Urea Non Subsidi

"Kalau untuk libur kali ini, pengguna jalan banyak ke arah jarak jauh," katanya. 

Budi memprediksi arus puncak mudik cuti bersama terjadi semalam dan masih akan berlangsung sampai hari ini. [KPJ] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.