Dark/Light Mode

Luluskan 366 Wisudawan

Universitas Pertamina Terapkan Konsep Pembelajaran Sepanjang Hayat

Jumat, 30 Oktober 2020 20:10 WIB
Universitas Pertamina saat menggelar Wisuda ke-3 tahun akademik 2019/2020 secara virtual, Rabu (28/10). (Foto: Dok. Pertamina)
Universitas Pertamina saat menggelar Wisuda ke-3 tahun akademik 2019/2020 secara virtual, Rabu (28/10). (Foto: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan menikmati bonus demografi pada tahun 2020- 2030. Proporsi penduduk usia produktif di Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Bonus demografi akan bermanfaat bila tenaga kerja Indonesia mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang baik serta kompetitif.

Sayangnya, saat ini Indonesia diperkirakan hanya memiliki 13,4 juta tenaga ahli dan 113 juta tenaga non-ahli. Karenanya, perguruan tinggi dituntut memproduksi lebih banyak tenaga profesional.

Baca juga : Amanah BUMN, Pertamina Kembangkan Inovasi Bisnis Untuk Perluas Layanan Energi

Untuk menjawab tantangan tersebut, Profesor National Egyptian E-Learning University, Dr. Sami Nassar, memaparkan tiga hal yang perlu dilakukan oleh universitas. Salah satunya, mengadopsi konsep pembelajaran sepanjang hayat (life long learning). Yaitu proses pendidikan yang dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh usia.

"Pembelajaran sepanjang hayat bukanlah konsep baru bagi Universitas Pertamina. Sejak didirikan pada tahun 2016, kami telah mengintegrasikan konsep pembelajaran sepanjang hayat dalam setiap program studi," ujar Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D dalam sambutan secara daring acara wisuda ke-3 tahun akademik 2019/2020, Rabu (28/10).

Baca juga : Sampoerna University Optimalkan Peran Teknologi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Kampus besutan Pertamina ini, adalah satu dari sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan mata kuliah Critical Thinking dan Creative Problem Solving sebagai kelas wajib bagi seluruh mahasiswa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.