Dark/Light Mode

Lippo Karawaci Bukukan Kenaikan Marketing Sales 100 Persen

Senin, 2 November 2020 16:56 WIB
CEO LPKR John Riady. (Foto: Antara)
CEO LPKR John Riady. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengumumkan kinerja sembilan bulan pertama 2020. Meski di tengah pandemi Covid-19, pendapatan Real Estate Development perseroan meningkat sebesar 46,3 persen menjadi Rp 2,37 triliun dari Rp 1,62 triliun. Hal ini seiring membaiknya bisnis inti properti perseroan 

CEO LPKR John Riady mengatakan, perbaikan bisnis inti tersebut didorong pertumbuhan pendapatan yang kuat dari Cikarang dari serah terima di Tower Hillcrest dan Fairview di Lippo Village, serta penjualan persediaan. Bisnis properti terus menunjukkan kemampuan untuk bertahan yang ditunjukkan dengan marketing sales yang meningkat 100 persen menjadi Rp 2,28 triliun dari Rp 1,14 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Pada Pillar kedua; Real Estate Management & Services, menunjukkan penurunan sebanyak 10,2 persen menjadi Rp 6,15 triliun dari Rp 6,85 triliun pada periode yang sama tahun lalu. “Hal ini dikarenakan rumah sakit, mall dan hotel terus dihadapkan dengan kondisi yang menantang akibat dari pandemi,” ujarnya John, Senin (2/11).

Baca juga : Pake Aplikasi Kecilin Bisa Hemat Kuota 20 Persen

Kasus baru Covid-19 yang terus meningkat di Indonesia pada kuartal III menyebabkan penutupan hotel yang berkepanjangan, pengunjung mall lebih sedikit, dan lebih banyaknya dilakukan penanganan Covid di lini bisnis rumah sakit daripada pasien bisnis inti. Secara konsol, pendapatan LPKR secara tahunan tidak mengalami perubahan. Pendapatan konsol pada sembilan bulan pertama 2020 sebesar Rp 8,58 triliun. “Angka ini naik dibandingkan dengan Rp 8,56 triliun periode sama tahun lalu,” ujarnya.

Menurut dia, Lippo Cikarang (LPCK) juga melaporkan pertumbuhan pendapatan yang kuat akibat dari suksesnya pemasaran produk hunian rumah tapak yang terjangkau, dan apartemen Orange County yang terus melanjutkan proses serah terima unit. Pendapatan LPCK pada sembilan bulan ini naik sebesar 50 persen menjadi Rp 1,59 triliun dari Rp 1,06 triliun pada periode sama tahun lalu.

Orange County mencatatkan pendapatan sebesar Rp 837 miliar pada sembilan bulan ini. Jumlah tersebut naik sebanyak 91 persen dibanding periode sama tahun lalu Rp 438 miliar.

Baca juga : Binomo Tawarkan Investasi Aman dari Rumah

Selain itu, pengakuan pendapatan rumah hunian sebesar Rp 286,1 miliar atau naik dari Rp 218,9 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan penjualan tanah di Kawasan industri menjadi sebesar Rp 121,4 miliar dari tahun lalu Rp 66,3 miliar. Pada kuartal III, pendapatan naik sebesar 34,8 persen menjadi Rp 504 miliar seiring dengan kenaikan pendapatan apartemen dan proyek hunian rumah tapak 66,1 persen dan 125,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.  

Sementara, pendapatan Siloam pada sembilan bulan pertama berkurang sebanyak 4,1 persen menjadi Rp 5 triliun dari sebelumnya Rp 5,21 triliun. Meski pengalami penurunan, Siloam masih berkontribusi sebanyak 80,5 persen terhadap total pendapatan recurring perusahaan. Siloam sudah mengoperasikan 39 rumah sakit di seluruh Indonesia. 

Secara keseluruhan, pendapatan LPKR dari Real Estate Management & Services berkurang 9,1 persen  menjadi Rp 6,15 triliun. Ini merepresentasikan 71,6 persen dari total pendapatan. Sementara pada tahun lalu kontribusinya 80,0 persen.

Baca juga : Gara-gara Covid-19, Laba Bersih Bank Mandiri Tergerus 30 Persen

Menurut John, Siloam telah meningkatkan kapasitas testing Covid-19 secara signifikan untuk mendukung upaya Indonesia dalam menanggulangi virus ini. Tahun ini, Siloam telah melakukan 70 ribu tes PCR dan lebih dari 700 ribu tes rapid dan serologi. “Selain meningkatkan kapasitas tes, Siloam juga mendedikasikan 4 rumah sakit khusus untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.