Dark/Light Mode

Pilpres AS Bikin Rupiah Makin Perkasa

Rabu, 4 November 2020 09:40 WIB
Nilai tukar rupiah. (Foto: ist)
Nilai tukar rupiah. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini nilai tukar rupiah dibuka langsung menguat cukup tinggi sebesar 0,62 persen di level Rp 14.480 per dolar Amerika Serikat (AS). Kemarin rupiah ditutup di level Rp 14.585 per dolar AS.

Apa yang dialami Mata Uang Garuda rupanya tak dialami sebagain besar mata uang di kawasan Asia, yang justru bergerak melemah. Yuan China menjadi mata uang dengan pelemahan terdalam di Asia setelah turun 0,34 persen terhadap dolar AS. 

Baca juga : Trump Atau Biden Dijadikan Taruhan

Kemudian ada dolar Singapura turun 0,26 persen, ringgit Malaysia dan baht Thailand yang sama-sama melemah 0,15 persen, won Korea turun 0,13 persen, yen Jepang minus 0,10 persen dan dolar Taiwan turun tipis 0,02 persen. 

Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang turun 0,51 persen menjadi 93,55. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro menguat cukup tinggi hingga 0,71 persen di level Rp 16.937, terhadap dolar Australia juga naik signifikan 1,06 persen ke level Rp 10.318, terhadap yuan China juga naik 1,19 persen ke level Rp 2.158.

Baca juga : UU Cipta Kerja Diteken Jokowi, Rupiah Makin Joss

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, hingga kini penguatan rupiah dan mata uang kawasan Asia masih didorong oleh sentimen Pemilihan Presiden AS. Jelang pemungutan suara secara langsung, investor melihat segudang ketidakpastian yang berputar-putar tentang hasilnya.

Pesaing Demokrat Joe Biden tampaknya paling mungkin memenangkan kursi kepresidenan, namun persaingan di negara bagian medan pertempuran masih jauh dari pasti. Sementara Presiden Donald Trump, di berbagai waktu berbeda, menyatakan bahwa dia akan menolak hasil pemungutan suara jika kalah.

Baca juga : Joe Biden Masih Unggul Di Swing States

"Ketidakpastian yang diciptakan oleh hal ini mendorong  perpindahan ke aset safe-haven," katanya dalam keterangan, Rabu (4/11).

Sepanjang hari ini menurut Ibrahim, rupiah kemungkinan akan fluktuatif dan menguat 60 poin namun ditutup menguat sebesar 10-40 poin di level Rp 14.555-Rp 14.590 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.