Dark/Light Mode

KSP: Sudah Lewati Titik Terendah, Ekonomi Indonesia Kini Beranjak Pulih

Kamis, 5 November 2020 15:20 WIB
Tenaga Ahli Utama Kedeputian III KSP Edy Priyono. (Foto: Antara)
Tenaga Ahli Utama Kedeputian III KSP Edy Priyono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menyatakan perekonomian Indonesia sudah melampaui titik terendah dan kini mulai beranjak pulih.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian III KSP Edy Priyono mengatakan untuk menyikapi realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2020 yang sebesar minus 3,49 persen secara tahunan (year on year/yoy). "Meski di kuartal III 2020 perekonomian masih negatif secara tahunan, " ungkapnya di Jakarta, Kamis (5/11).

Baca juga : Menristek: Manfaatkan Bonus Demografi Untuk Membuat Ekonomi Indonesia Lebih Maju

Namun kata Edy, jika dibandingkan secara kuartal ke kuartal ekonomi tumbuh 5,05 persen (quartal to quartal/qtq). Sedangkan secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang kuartal I hingga III pada 2020 dibandingkan periode yang sama di 2019 terkontraksi 2,03 persen.

Edy mengatakan dengan demikian terjadi perbaikan ekonomi yang cukup signifikan dan ini bisa menjadi modal yang bagus untuk melangkah ke kuartal IV-2020.

Baca juga : Majukan Perkeretaapian Indonesia, KAI Kerek Kualitas SDM

Pertumbuhan ekonomi tahunan (yoy) di kuartal III 2020 dibandingkan kuartal II 2020, menurut Edy juga mengalami perbaikan karena level kontraksi mengecil. Pada kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi secara tahunan terkontraksi hingga minus 5,3 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.