Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teken Kontrak Rp 10 Triliun

UMKM Pelanggan Jargas Di Jabar Makin Gampang Dapat Modal Usaha

Kamis, 19 November 2020 11:40 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Rantai Pasok, Rico Rustombi
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Rantai Pasok, Rico Rustombi

 Sebelumnya 
Direktur Investasi PT Jasa Sarana Indrawan Sumantri mengatakan, sesuai dengan nota kesepakatan, PT Jasa Sarana dan Fintech Lumbung Dana sepakat melakukan inisiasi kerjasama bisnis atas potensi usaha yang dimiliki oleh masing-masing pihak.

Sebagai langkah awal pelaksanaan Kerjasama tersebut telah di tandatangani perjanjian Kerjasama yaitu Fintech Lumbung Dana dengan PT Jabar Energy yang merupakan anak perusahaan dari PT Jasa Sarana .

Indrawan Sumantri mengatakan, kerjasama dengan Fintech Lumbung Dana merupakan kerja sama yang win win solution, dimana selama ini Jabar Energy dalam menyalurkan gas alam dengan membangun jaringan gas ke perumahan masih menggunakan dana APBD.

Baca juga : Lumbung Pangan Berat Di Ongkos

Padahal, sudah saatnya ketergantungan dengan APBD dikurangi dengan melibatkan pihak ketiga. Ini dinilai penting sebagai alternatif pembiayaan dan calon pelanggan menjadi mandiri dengan melakukan pembiayaan sendiri atas biaya penyambungan jaringan gas tersebut.

“Semua biaya tetap sama, selama ini harus menunggu anggaran Jabar Energy maka sekarang pelanggan memiliki alternatif pembiayaan sendiri sehingga waktu pemasangan lebih cepat,” ungkap dia.

PT Jasa Sarana menargetkan Jabar Energy dapat menyalurkan gas alam ke UMKM dan Retail Jawa Barat dengan target 1.000.000 pelanggan, atau senilai Rp 10 Triliun dengan proses perijinan dari pihak berwenang secara bertahap.

Baca juga : UU Ciptaker Bikin Pengusaha AS Berinvestasi Di Indonesia

“Dengan target itu, diharapkan dapat tercapai dalam waktu 5 tahun,” terang Indrawan.

Selain program kerjasama dengan PT Jasa Sarana, Lumbung Dana juga telah melakukan kerjasama dalam lingkungan BUMD Jawa Barat, diantaranya dengan PT Agro Jabar untuk akses pembiayaan kepada para petani di bawah binaan PT Agro Jabar, yang beranggotakan sedikitnya 600.000 petani yang saat ini sedang berlangsung.

“Selain akses pembiayaan, akses pasar dan edukasi adalah bagian dari program Kerjasama ini, potensi agribisnis di Jawa Barat sangat besar dan menjanjikan,” imbuh Yoga Mahesa selaku Direktur Utama Fintech Lumbung Dana.

Baca juga : Terapkan e-RKAM, Kemenag Anggarkan Rp 10 Triliun Untuk Sekolah Madrasah

Dalam perjalanan sebagai penyelenggara P2P Lending, Fintech Lumbung Dana juga merambah pelayanan pemberian pinjaman kepada UMKM sektor energi, logistik dan juga Koperasi Induk Pelayaran Indoensia (KIPI).

Kerjasama dilakukan untuk memberikan akses biaya Pendidikan dalam rangka upgrading skill kepada anggota koperasi yang berprofesi sebagai awak pelayaran untuk mengikuti Pendidikan peningkatan grade atau status sertifikat profesi dari ANT 2 menjadi ANT 1. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.