Dark/Light Mode

Sepakati Kerja Sama dengan BSD, KAI Bangun Stasiun Baru di Kabupaten Tangerang

Jumat, 27 November 2020 10:04 WIB
Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo (Foto: Humas KAI)
Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Bumi Serpong Damai Tbk bersepakat menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pembangunan, Penyerahan, Pengoperasian, Perawatan dan Pengusahaan Stasiun Baru di KM 36+700 s.d KM 37+200 antara Cicayur-Parung Panjang Lintas Tanah Abang-Merak, Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI, Jeffrie N. Korompis dan Siswanto Adisaputro, selaku Kuasa Direksi BSD. Serta disaksikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Danto Restyawan, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Direktur Utama BSD Petrus Kusuma di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Kamis (26/11).

Baca juga : Pengumuman! Tiket Kereta Untuk Natal Dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

PKS ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut perjanjian rencana pembangunan, dan pedoman pelaksanaan proyek. Ruang lingkup perjanjian tersebut terdiri dari pembangunan, penyerahan, pengoperasian, perawatan, dan pengusahaan stasiun baru.

Stasiun baru tersebut dibangun di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang dan terletak di antara Stasiun Cicayur dan Stasiun Parung Panjang.

Baca juga : KPK Cari Tersangka Baru Kasus Suap Djoko Tjandra

Dibangun di atas lahan seluas 2.806 m2, stasiun ini akan memiliki 3 lantai. Stasiun ini akan memiliki fasilitas pendukung kenyamanan pelayanan sesuai standar pelayanan, dilengkapi dengan eskalator, lift, area komersial, perparkiran sepeda, motor, dan mobil serta fasilitas integrasi moda lanjutan.

Pembangunan stasiun juga dilakukan beriringan dengan pembangunan pemukiman oleh BSD di kawasan tersebut. Konstruksinya akan dimulai pada Maret 2021, dengan target penyelesaian 1,5 tahun.

Baca juga : Nikmati Listrik PLN, Kampus Baru STKIP Pamane Talino Kabupaten Landak Siap Beroperasi

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan, mobilitas masyarakat perlu diimbangi oleh prasarana dan sarana yang memadai. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik kesepakatan membangun stasiun baru.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BSD, dan KAI yang menginisiasi rencana pembangunan stasiun baru ini. Ini dapat menjadi role model kontribusi investasi badan perusahaan, dan kerja sama seluruh stakeholder dalam rangka mewujudkan pembangunan bersama perkeretaapian,” ujar Danto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.