Dark/Light Mode

Gandeng Poliban, Panasonic Gobel Kerek Kompetensi Teknisi Indonesia

Minggu, 29 November 2020 14:52 WIB
penandatanganan kerja sama (MoU) dan Seminar Pengetahuan Produk Air Conditioning antara Panasonic Gobel Indonesia (PGI) dan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) untuk tingkatkan kualitas teknisi Indonesia. (Foto: Panasonic). (Foto: ist)
penandatanganan kerja sama (MoU) dan Seminar Pengetahuan Produk Air Conditioning antara Panasonic Gobel Indonesia (PGI) dan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) untuk tingkatkan kualitas teknisi Indonesia. (Foto: Panasonic). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Hal ini untuk memenuhi teknisi yang terus meningkat.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama (MoU) dan Seminar Pengetahuan Produk Air Conditioning, oleh Manager of Branch Banjarmasin PT Panasonic Gobel Indonesia, Widi Kurnianto dan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Joniriadi pada Senin (23/11).

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan, kemampuan penelitian, dan kompetensi para dosen serta mahasiswa, sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan berkompeten  pada bidangnya.

Baca juga : Gandeng HKI, BTN Dukung Akselerasi Kawasan Industri

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Tomonobu Otsu mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen Panasonic dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan SDM unggul di Indonesia. Dari kerja sama ini diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki 3C: Competency, Communication, dan Character.

Sehingga lulusannya tidak hanya berkompetensi tinggi, melainkan juga berkarakter dan komunikatif. Sehingga mampu mengintegrasikan kompetensi dengan kebutuhan pelayanan. Kerja sama ini didukung pula oleh PT. Gobel Dharma Nusantara (GDN) dan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI). 

“Diharapkan kerja sama ini dapat menciptakan sumber daya yang kompeten dan unggul di bidangnya dan terciptanya teknisi yang terampil di seluruh wilayah Indonesia, yang siap bekerja, terutama di bidang instalasi, perawatan dan reparasi,” kata Tomonobu Otsu dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/11).

Baca juga : Sandi: Guru Berperan Majukan Ekonomi Indonesia

Manager of Branch Banjarmasin PT Panasonic Gobel Indonesia Widi Kurnianto mengatakan, dalam kerja sama ini, baik tenaga pengajar maupun mahasiswa akan mendapat akses fasilitas seperti pembekalan teori, penelitian, pembuatan pass, kunjungan ke pabrik, serta lainnya. Agenda kerja sama pelatihan ini berdurasi selama tiga tahun, mulai Oktober 2020 hingga Desember 2023.

Widi berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat, tidak hanya bagi perusahaan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan perekrutan tenaga kerja, tetapi juga bagi institusi pendidikan dan mahasiswa. “Dalam hal ini intitusi pendidikan dapat meningkatkan daya saing lulusannya berupa peningkatan ketrampilan hasil dan dari pembelajaran praktik langsung serta wawasan yang luas tentang teknologi baru,” ujar Widi.

Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Joniriadi mengatakan, dengan adanya kerja sama ini diharapkan, para tenaga pengajar maupun mahasiswa dari strata D3 dan D4 mendapat ilmu baru yang bermanfaat untuk menjadi individu yang berkualitas.

Baca juga : Gerindra Juara Partai Politik Paling Informatif Versi Komisi Informasi

“Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada Panasonic Gobel Indonesia, yang telah memilih Poliban untuk membagikan ilmunya. Kami berharap lulusan Poliban memiliki kompetensi tinggi serta berkualitas, dan menjadi penguatan dalam bersaing bersama tenaga kerja Indonesia lainnya”, ujar Joniriadi. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.