Dark/Light Mode

Keren, Ini Inovasi Yang Diciptakan Universitas Pertamina

Kamis, 3 Desember 2020 21:09 WIB
Keren, Ini Inovasi Yang Diciptakan Universitas Pertamina

 Sebelumnya 
Menjelang tahun ajaran baru, kampus besutan Pertamina ini kembali membuka kesempatan bagi siswa-siswi dari seluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari energi masa depan melalui jalur non-tes.

Pendaftaran mahasiswa baru melalui seleksi nilai rapor untuk Tahun Akademik 2021/2022 ini telah dibuka sejak tanggal 15 November 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang. Peserta seleksi dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina, disesuaikan dengan kelompok ujian dan latar belakang pendidikan SMA/SMK/sederajat yang tengah ditempuh.

Untuk kelompok ujian IPA/IPS, biaya pendaftaran adalah senilai Rp 150.000. Sedangkan untuk kelompok ujian IPC, biaya pendaftaran adalah sejumlah Rp 200.000. Para peserta seleksi juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh berupa potongan biaya pangkal 100 persen dan biaya SPP 100 persen.

Baca juga : Dubes Djauhari Isi Kuliah Umum Di Universitas Hainan, China

Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/ Riset lain yang juga menuai sukses adalah kolaborasi Universitas Pertamina dengan Pertamina Hulu Sanga-Sanga.

Keduanya melakukan Studi Geologi dan Geofisika Fase 1: Pematangan Evaluasi G&G untuk Portofolio Sanga-Sanga. Epo Prasetya Kusumah, S.T, M.Sc, Dosen Teknik Geologi sekaligus tim riset mengatakan bahwa riset ini berhasil mengungkap konsep eksplorasi baru di daerah Kalimantan Timur.

"Kerja sama ini mendukung Pertamina Hulu Sanga Sanga dalam mengerucutkan dan mematangkan prospek-prospek ladang migas untuk dikembangkan," tuturnya.

Baca juga : Tugu Insurance Raih Prestasi Sebagai Terpopuler Di Media Digital Bersama Pertamina

Manfaat kolaborasi dengan industri, dirasakan pula oleh mahasiswa mahasiswi. Putri Dewi Nur Aeini, mahasiswi Teknik Geologi Universitas Pertamina, mengungkapkan, dengan penelitian ini saya memperoleh pengalaman nyata dunia kerja migas. Misalnya, saya mendapat pemahaman kondisi geologi cekungan Kutai termasuk lingkungan pengendapan delta yang sudah banyak dilakukan ekplorasi dan eksploitasi migas. "Saya harap, ilmu dan pengalaman ini dapat saya aplikasikan di dunia kerja nantinya," ungkap Putri.

Selain memberikan kesempatan untuk terjun secara langsung melalui proyek penelitian, Universitas Pertamina juga mewajibkan para mahasiswa untuk melakukan kerja praktik atau magang sebagai salah satu syarat kelulusan.

“Ini merupakan salah satu upaya kami dalam mempersiapkan para lulusan menjadi individu yang tidak hanya ‘siap pakai’, tetapi juga adaptif dan inovatif,” ungkap Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.