Dark/Light Mode

Bareng Kalbis Institut

I3L School Kenalkan Social Media Marketing Ke Pelajar

Senin, 7 Desember 2020 21:35 WIB
Bareng Kalbis Institut I3L School Kenalkan Social Media Marketing Ke Pelajar

RM.id  Rakyat Merdeka - Di zaman yang sudah serba digital pelajar dinilai perlu dibekali pemahaman menguasai teknologi yang bermanfaat bagi masa depannya.

Digital Marketing Lecturer i3l School of Business (iSB), Elita Chandra menilai, generasi muda khususnya pelajar SMA perlu beradaptasi dalam penggunaan teknologi.

Atas dasar hal itu pihaknya mengajak Kalbis Institute, menyelenggarakan kompetisi Social Media Tournament untuk meningkatkan kemampuan pelajar SMA di Indonesia dalam menghadapi revolusi Industri.

Menurutnya dalam revolusi industri 4.0, kemajuan paling pertama yang dapat dirasakan adalah “internet of things” (IoT). Nantinya, IoT dapat menghubungkan data diri dan meningkatkan kemampuan koneksi tiap- tiap individu.

Baca juga : Bos Sinar Mas: Inclusive Closed Loop Kunci Menuju Industri Sawit Berkelanjutan

Perlombaan ini menggunakan Software Mimic Social berbasis simulasi yang dikembangkan oleh Stukent Inc.,yang berlokasi di Idaho, Amerika Serikat.

“Dengan menggunakan software ini, para peserta melakukan simulasi social media sebuah perusahaan, dimana mereka harus menentukan berbagai macam keputusan dalam Social Media Marketing. Selain itu mereka juga belajar untuk menganalisa metriks dari tiap rondeyang mereka jalankan,” kata Elita.

Total peserta yang mendaftar pada perlombaan ini berjumlah 32 tim, dengan kategori SMA dan SMK. Pelaksanaan Social Media Tournament sendiri terbagi menjadi tiga tahap, yakni awal, seleksi semifinal dan final.

Terdapat 8 tim yang lolos ke babak Final meliputi, SMA Xaverius 1 Palembang, SMA Pelita Bangsa Cirebon, SMA Yakobus, SMKN 1 Bekasi, SMA Golden Gate, SMAK Penabur Cirebon, SMA Dharma Loka, dan SMA Regina Pacis Bogor.

Baca juga : Kali Ini, ICW Sejalan Dengan Firli

Berdasarkan keputusan pemenang di seleksi final, ada tiga tim yang menang. Juara pertama diraih oleh SMA Xaverius 1 Palembang, Juara 2 dan 3 diraih oleh SMA Pelita Bangsa Cirebon.

Salah satu Pemenang, Michael Vincetius dari SMA Xaverius 1 Palembang menyatakan bahwa selama kompetisi ini ia belajar banyak mengenai social media marketing.

Mulai dari pengetahuan target pasar, jenis iklan yang dapat diimplementasikan dan juga waktu yang tepat untuk mengiklankan suatu produk.

“Walaupun kompetisi ini bersifat simulasi, saya merasa tertantang karena disini saya belajar bagaimana saya harus memaksimalkan dana yang diberikan terhadap platform social media yang akan digunakan untuk mencapai target pasar yang diinginkan”, ungkapnya.

Baca juga : Lippo Karawaci Bukukan Kenaikan Marketing Sales 100 Persen

Lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa siswi SMA maupun mahasiswa, sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup.

Elita menjelaskan sebagai bentuk apresiasi dari kompetisi ini masing-masing peserta mendapatkan sertifikat, dan uang tunai. Hal ini diklaim sebagai upaya i3L School of Business (iSB) dan Kalbis Institute mendukung kemajuan dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0.

Seperti diketahui, saat ini hampir semua lini bisnis menggunakan strategi digital dalam menjalankan usahanya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.