Dark/Light Mode

Rupiah Dibuka Joss Pasca Libur Pilkada

Kamis, 10 Desember 2020 10:15 WIB
Nilai tukar rupiah. (Foto: ist)
Nilai tukar rupiah. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca libur Pilkada kemarin, Pagi ini rupiah dibuka di level Rp 14.095 per dolar Amerika Serikat (AS). Angka ini menguat 0,11 persen dibandingkan perdagangan Selasa (8/12) sore di level Rp 14.110 per dolar AS.

Sementara, mayoritas mata uang di kawasan Asia terpantau melemah terhadap dolar AS. Won Korea Selatan melemah 0,24 persen, dolar Taiwan melemah 0,11 persen, yen Jepang menurun 0,04 persen, peso Filipina melemah 0,08 persen, rupee India terkoreksi 0,05 persen, dan yuan China melemah 0,07 persen.

Baca juga : Nggak Betah Di MU, Pogba Lirik Real Madrid

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,15 persen menjadi 91, 0892. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro melemah 0,05 persen di level Rp 17.023, terhadap dolar Australia melemah 0,23 persen di level Rp 10.507 dan terhadap yuan China menguat 0,19 persen di level Rp 2.157.

Kepala Riset Monex Investindo, Ariston Tjendra melihat, pagi ini nilai tukar emerging market berpotensi menguat terhadap dolar AS karena mendapatkan sentimen positif dari vaksin. Vaksin yang sudah mendapatkan persetujuan, sudah mulai disuntikkan ke publik di Inggris. 

Baca juga : Reshuffle Pasca Pilkada

Sementara di AS, pengajuan persetujuan penggunaan untuk vaksin Pfizer sudah mencapai tahap akhir. Namun di sisi lain, kebuntuan negosiasi stimulus fiskal AS untuk membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi bakal memberikan tekanan untuk aset berisiko. 

"Parahnya sampai hari ini kesepakatan belum tercapai antara dua partai, Demokrat dan Republik, di parlemen AS," sebut Ariston di Jakarta, Kamis (10/12).

Baca juga : Terawan Ngibrit Ke Pintu Belakang

Ia pun memprediksi sepanjang hari ini rupiah mungkin bisa menguat terbatas hari ini dengan kisaran Rp 14.050-Rp 14.180 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.