Dark/Light Mode

Mau Operasikan Dua PLTU Baru

PLN Perkuat Listrik Jawa Bali

Kamis, 21 Maret 2019 22:27 WIB
PLTU Paiton. (DOK. HUMAS PLN)
PLTU Paiton. (DOK. HUMAS PLN)

 Sebelumnya 
Lumbung Setrum

Direktur Operasi I PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Sugiyanto mengatakan, PLTU Paiton merupakan lumbungnya listrik untuk wilayah Jawa dan Bali. Sebab, cukup andal dalam memasok setrum untuk wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga : PJB Operasikan Dua PLTU Besar Akhir 2019

Selain itu, kata dia, Paiton juga dikukuhkan sebagai pembangkit yang sudah memenuhi pengolahan limbah terbaik. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya dua kali penghargaan tertinggi Proper Emas berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2017 dan 2018.

“Yang kami kelola di Paiton ini membuktikan hanya 700 meter dari bibir pantai, terumbu karang tumbuh dengan indah. Kalau dibilang PLTU ini mencemarkan lingkungan, harusnya terumbu karang itu hancur,” katanya.

Baca juga : Indah, Kristiani Jagain Muslim Salat

Ditegaskan, PJB membantu mengembangkan destinasi wisata terumbu karang. PLTU terbesar se-Asia itu bukannya menghancurkan tapi justru malah bisa berdampingan dengan ekosistem disekitar pembangkitan.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menambahkan, perseroan berusaha untuk tidak mengganggu lingkungan di sekitar wilayah operasi pembangkit.

Baca juga : PLN Pulihkan Pasokan Listrik Pasca Bencana Banjir Di Sentani

Bahkan, PLN lewat anak usahanya, di PJB justru melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekitar.

“Para nelayan juga masih bisa menangkap ikan tak jauh dari wilayah pembangkitan Paiton. Jadi, tak ada masalah dengan lingkungan,” tukasnya. (FAZ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.