Dark/Light Mode

Gelar Munaslub, Apkasindo Minta Tidak Diintervensi

Minggu, 24 Maret 2019 18:34 WIB
Kebun kelapa sawit. (Foto: Apkasindo)
Kebun kelapa sawit. (Foto: Apkasindo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo ) mengadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 24-26 Maret 2019 di Prapat, Danau Toba Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tujuan acara ini membenahi dan Penguatan organisasi petani sawit ini.

“Munaslub dihadiri perwakilan 22 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Apkasindo di Indonesia, dari Aceh sampai Papua,” kata Ketua Harian DPP Apkasindo Amin Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/3).

Baca juga : Tekan Impor Teh, Kadin Minta Bea Masuk Dinaikkan

Amin menambahkan, Apkasindo merupakan tumpuan harapan dari 19 juta Petani Kelapa Sawit Indonesia yang tersebar di 116 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Apkasindo setingkat Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Apkasindo berperan membantu program pemerintah karena supaya lebih mudah mensosialisasikan program perkelapasawitan dan sebaliknya petani bisa menyalurkan aspirasinya melalui organisasi profesi petani sawit ini.

Untuk itu melalui Munaslub diharapkan menghasilkan keputusan-keputusan strategis dan bersejarah di dunia perkelapasawitan, apalagi akhir-akhir ini kelapa sawit sedang diboikot oleh negara Eropa melalui politik perdagangan.

Baca juga : Dua Perusahaan Milik Samin Tan Diincar KPK

Sekjen Apkasindo Rino Afrino menceritakan sejumlah pihak ingin menggagalkan Munaslub di Sumatera Utara. Ada oknum yang menghasut dan mengiming-imingi janji serta uang. "Kami akan melapor ke pihak berwajib tentang aliran dana tersebut, ini sudah masuk ke ranah hukum," paparnya.

Menurutnya, oknum yang bersangkutan bukan dari Apkasindo. Rino menegaskan sudah mengantongi rekaman bukti pembicaraan beberapa ketua DPW yang dengan oknum organisasi petani ini termasuk salinan WA.

Baca juga : Nggak Gila Pujian, Jokowi Minta Dikritik

 "Kalau oknum ini terus mengintervensi, kami akan laporkan ke aparat karena ini sudah perbuatan jahat yang masuk dalam ranah hukum,” tegasnya.

Munaslub digelar dengan sejumlah pertimbangan antara lain menindaklanjuti surat pengunduran diri Ketua Umum Apkasindo Anizar Simanjuntak serta memperhatikan surat hasil evaluasi dan pembatalan hasil Munas IV Apkasindo. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.