Dark/Light Mode

Rilis Aplikasi Maubeli, BGR Logistics Perkuat Ketahanan Pangan

Rabu, 30 Desember 2020 12:14 WIB
Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo (kiri). (Foto: ist)
Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo (kiri). (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Ke depan, sebagai perusahaan logistik dan pergudangan, BGR Logistics lewat Warung Pangan, mampu menciptakan kestabilan harga, lantaran memiliki akses dan fasilitas yang sudah ada. Hal ini lantaran, BGR Logistics sebagai bagian dari klaster BUMN Pangan ini memiliki wewenang beberapa sumber pangan mulai dari beras, perikanan maupun gula yang diambil dari BUMN lainnya seperti  PT Perikanan Nusantara Persero (Perinus) maupun PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI, dan bisa disuplai langsung ke warung.

"Logistik, biaya angkut kami yang tanggung dan cost-cost yang besar kami maksimalkan lewat aset yang ada tanpa harus membangun fasilitas baru, berbeda dengan e-Commerce lain, sehingga ini membuat upaya stabilisasi harga sangat menungkinkan sekali," tuturnya.

Baca juga : Pemprov Jabar Pakai Mobil Listrik Hyundai Buat Kendaraan Operasional

Ia berharap, pemerintah mendorong UMKM yang dibawah kementerian dan pemda untuk didaftarkan ke Warung Pangan. "Karena ini program pemerintah langsung, kami membantu UMKM yang selama ini mereka nggak punya akses produk yang murah, sehingga menjadi alternatif produk terjangkau," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan, pemerintah telah menganggarkan sekitar Rp 350 triliun program belanja pemerintah lewat produk UMKM. Ia berharap, langkah ini juga bisa didorong lewat Warung Pangan.

Baca juga : Dewan Dorong Pemprov Kebut Normalisasi Sungai

"Khusus untuk pangan menyerap produk pangan petani seperti kopi, garam, ikan tangkap dan komoditas lainnya untuk diserap lewat pendekatan pembiayaan koperasi untuk menyerap produk petani," ucapnya.

Ia bilang, strategi besar ketahanan pangan di mana terdapat 3,5 juta warung sembako tradisional yang hampir tersisih dengan adanya warung ritel modern, harus dibantu karena tak mendapat suplai produk yang murah.

Baca juga : Siap Beroperasi di Ibu Kota, Bus Listrik Transjakarta 40 Persen Buatan Lokal

"Dengan aplikasi Warung Pangan BGR ini bisa mendapat itu. Jika sudah terhubung, maka ini bisa menjadi rantai distribusi pangan, kalau pemerintah mau mengendalikan harga bisa langsung efektif ke warung sembako, sehingga tercipta ekosistemnya," ujar Teten. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.