Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Percepatan Infrastruktur Nasional

Semen Gresik Pasok Produk Unggulan Untuk Pembangunan Tol Semarang-Demak

Senin, 4 Januari 2021 14:23 WIB
Proyek pembangunan Tol Semarang-Demak (Foto: Dok. Semen Gresik)
Proyek pembangunan Tol Semarang-Demak (Foto: Dok. Semen Gresik)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Semen Gresik (SG) menutup 2020 dengan kinerja yang gemilang di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. Kinerja tersebut ditunjuk dengan menjadi salah satu pemasok utama dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah, yaitu Jalan Tol Semarang-Demak. Pengerjaan proyek jalan tol dengan panjang ruas mencapai 27 kilometer ini telah dimulai sejak awal 2020 dan diperkirakan akan rampung pada 2022.

SVP of Sales PT Semen Indonesia (Persero) Tbk [SIG] Rahman Kurniawan mengatakan, Semen Gresik, yang merupakan bagian SIG, telah menyuplai 10 persen dari total kebutuhan bahan baku semen sampai pekan ketiga Desember 2020, dengan progres proyek yang masih berjalan hingga saat ini.

Baca juga : PP Infrastruktur Teken Kerja Sama Proyek KPBU SPAM Pekanbaru Senilai Rp 499 Miliar

"Pengerjaan jalan tol dibagi menjadi dua seksi. Pertama, jalur Semarang-Sayung sepanjang 10,69 kilometer, yang merupakan dukungan pemerintah. Kedua, jalur Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer, yang merupakan tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol PT Pembangunan Perumahan Semarang-Demak," kata Rahman, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (4/1).

Semen Gresik menggunakan produk unggulan Ultra Pro serta produk yang termasuk dalam kategori produk semen ramah lingkungan (green cement), Power Pro. "SIG siap mendukung percepatan pembangunan tol Semarang-Demak dengan produk unggulan yakni Ultra Pro serta Power Pro yang merupakan kategori green cement sesuai dengan instruksi dari Kementerian Perindustrian sebagai bagian dari komitmen mendukung pengurangan sampah industri, konsumsi energi, dan meminimalisasi emisi karbondioksida," katanya.

Baca juga : Menpora Tegaskan Road Map Sepak Bola Nasional Penting Untuk Pembibitan Pemain

Rahman melanjutkan, pembangunan Tol Semarang-Demak penting dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang berada di kawasan Pantai Utara (Pantura). Selain itu, keberadaan jalan tol juga diyakini akan meningkatkan efisiensi industri di wilayah Jawa Tengah sekaligus mendukung Kabupaten Demak sebagai kawasan wisata religi.

Di samping kebutuhan tiga faktor di atas, Jalan Tol Semarang-Demak juga memiliki keunikan tersendiri yaitu akan dibangunnya tanggul laut sepanjang 7 kilometer untuk menanggulangi banjir rob di Kabupaten Semarang. Nantinya, di dalam tanggul laut tersebut akan didirikan anjungan cerdas sebagai tempat istirahat sekaligus lokasi wisata. 

Baca juga : KPK Gali Dugaan Gratifikasi dan Aliran Uang Rasuah Di Dinas PUPR Kota Banjar

"Untuk pembangunan tanggul sepanjang 7 kilometer dan ajungan cerdasnya, kami memiliki varian semen DuPro series seperti, PPC (Portland Pozolan Cement), semen tipe 5 dan juga SBC (Special Blended Cement) yang dapat memenuhi karakteristik konstruksi di laut," ujar Rahman.

Dia melanjutkan, bahan baku semen yang digunakan Semen Gresik mampu menghasilkan beton mutu tinggi dengan meminimalisasikan biaya produksi beton per meter kubik. "Jaminan kualitas produk, jaminan supply yang didukung dengan jaminan ketersediaan produk dari Pabrik Rembang, adalah keunggulan SIG untuk mendukung pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak yang juga merupakan Proyek Strategis Nasional," pungkas Rahman. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.